Nikah di Era New Normal? Gunakan Budgetmu secara Maksimal, Ini Caranya!

Sep 23, 2020

Nikah di Era New Normal? Gunakan Budgetmu secara Maksimal, Ini Caranya!

Indonesia kini telah memasuki era new normal, dimana pemerintah telah memperbolehkan pasangan untuk melangsungkan pernikahan di KUA, masjid, rumah, maupun di gedung pertemuan. Namun sayangnya tidak bisa sembarangan, sebab semuanya harus mengikuti aturan protokol kesehatan. Untuk persyaratan dokumen pernikahan sendiri, tidak berbeda jauh dari persyaratan sebelum adanya pandemi Covid-19.

Namun hal yang jauh berbeda ialah soal biaya pernikahan. Dimana biaya pernikahan di masa new normal saat ini dapat dikatakan menguntungkan pasangan mengingat budget yang harus dipersiapkan lebih murah dengan adanya pembatasan.

Bagi Wed-Hunter yang sedang berencana menggelar pernikahan di era new normal, bisa menyimak beberapa tips pembagian budget secara bijak agar bisa dipergunakan secara maksimal.

Untuk mempermudah calon pengantin mempersiapkan pernikahan yang sebentar lagi, di bawah ini ada gambaran budget pernikahan yang dibutuhkan di era new normal tanpa biaya seserahan :

1.Menentukan Tempat untuk Akad Nikah

Sebelumnya, prosesi akad nikah saat pandemi Covid-19 hanya diperbolehkan dilakukan di KUA atau di rumah saja, namun kini Wed-Hunter bersama pasangan sudah dapat menggelar akad nikah di aula pertemuan atau gedung. Adapun rincian biaya untuk tempat akad nikah itu sendiri, diantaranya :

  • Jika dilakukan di rumah atau di KUA gratis.
  • Sedangkan di aula atau gedung pernikahan harus mempersiapkan budget mulai dari Rp 5 jutaan.

2.Biaya Katering

Jika Wed-Hunter sudah menentukan tempat melangsungkan akad, selanjutnya persiapkan anggaran untuk makanan atau katering bagi para tamu yang akan menghadiri acara pernikahan. Pastikan jumlah makanan/katering yang Wed-Hunter pesan sesuai jumlah tamu undangan yang diperbolehkan untuk hadir di lokasi akad nikah.

Berikut gambaran contoh biaya katering rata-rata setiap porsinya berkisar Rp. 60 ribu tiap tamu undangan, jadi hitungan yang dibutuhkan untuk biaya katering ialah :

  • Biaya katering untuk acara pernikahan di KUA/Rumah = Rp. 60.000 x 10 orang = Rp. 600.000.
  • Biaya katering untuk acara pernikahan di aula atau gedung = Rp. 60.000 x 40 orang = Rp. 2.400.000.

3.Tata Rias Pengantin dan Busana

Hal ini juga tak kalah pentingnya bagi calon pengantin. Rias dan busana calon pengantin beserta tiap-tiap orang tua mempelai, sekaligus keluarga biasanya harus diberikan anggaran biaya secara khusus.

Biasanya, rias dan busana pengantin memerlukan biaya sangat besar, akan tetapi di tengah pandemi sekarang ini hampir seluruh vendor menawarkan potongan harga yang tak tanggung-tanggung.

Adapun contoh biaya hemat untuk rias dan busana pengantin bisa dimulai dari harga Rp 3 juta. Dimana harga tersebut lebih tinggi lagi jika baju pengantin berasal dari rancangan desainer ternama, dan penata rias dari MUA profesional.

4.Anggaran Dekorasi Pernikahan

Menggelar resepsi pernikahan di gedung, aula atau rumah tetap harus didekorasi supaya pernikahan tetap mendapatkan kesan yang tak terlupakan walaupun sederhana. Vendor dekorasi pengantin juga kerap menawarkan potongan harga.

Adapun hal tersebut dilakukan supaya vendor tak kehilangan pelanggan atau konsumen sekaligus dapat meringankan budget calon pengantin. Adapun biaya yang harus dipersiapkan ialah :

  • Dekorasi pernikahan di rumah berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 10 juta.
  • Dekorasi pernikahan di aula atau gedung mulai dari Rp 10 jutaan.

5.Anggaran Suvenir dan Undangan Pernikahan

Untuk anggaran undangan dan suvenir, Wed-Hunter juga harus tetap mempertimbangkannya. Adapun contoh perhitungannya ialah :

  • Undangan Pernikahan. Misal, Wed-Hunter ingin mencetak undangan berdesain standar yang harganya Rp2.500 setiap lembar, jadi perhitungannya : Undangan tamu undangan di rumah = 10 orang x Rp2.500 = Rp25.000. Sedangkan unndangan tamu di masjid, aula, atau gedung = 40 orang x Rp2.500 = Rp100.000. Menggunakan e-Invitation tentunya bisa lebih murah lagi! Lebih effortless dan sangat membantu Wed-Hunter untuk contactless di masa pandemi ini. Check daftar harga dan paket Wedew di wedew.id/harga yuk!

  • Suvenir Pernikahan Nah, misalnya untuk suvenir standar berharga Rp5000 per pcs, jadi hitungannya: Suvenir tamu undangan di rumah = 10 orang x Rp5.000 = Rp. 50.000 atau suvenir tamu undangan di gedung, aula atau masjid = 40 orang x Rp5.000 = Rp200.000.

Nah, bagaimana lebih bisa menghemat anggaran bukan? Meskipun acara pernikahan yang dilangsungkan serba mengikuti pembatasan sosial, tapi keuntungannya Wed-Hunter bisa meminimalkan budget yang dikeluarkan untuk acara pernikahan!


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Pilihan Pernikahan dengan Budget Terbaik di Masa Pendemi

May 22, 2020

Menyelenggarakan pernikahan di era Covid ini merupakan salah satu hal cukup membuat pro dan kontra. Ada yang menganggap bahwa pernikahan di tengah pandemi ini boleh dilakukan dan a...

Selengkapnya
Aturan Pernikahan Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Jun 05, 2020

Apakah anda berencana ingin menggelar pernikahan pasa masa adaptasi kebiasaan baru? Jika iya, maka Kementerian Agama telah memaparkan sejumlah protokol yang tentunya harus anda sim...

Selengkapnya
Cara Melaksanakan Pernikahan di Tengah Pandemi

Jun 12, 2020

Virus corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China saat ini memang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia sehingga WHO pun menetapkan kejadian ini sebagai pandemi yang mana...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id