10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah, Jangan Sampai Kelewatan!

Dec 27, 2019

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah, Jangan Sampai Kelewatan!

Apakah Anda dan pasangan sudah memikirkan hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah? Pernikahan harus direncanakan dengan maksimal. Jangan sampai hari yang seharusnya spesial malah kacau.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan? Yuk simak artikel di bawah ini.

Tema pernikahan

Yang pertama harus ditentukan adalah tema pernikahan. Apakah Anda ingin pernikahan tradisional atau modern? Jika mempelai berasal dari suku yang berbeda, adat siapa yang akan diikuti? Apa saja yang harus disiapkan untuk upacaranya?

Kalau sudah menentukan konsep, akan lebih mudah menentukan tempat, dekorasi, dan pakaian. Sehingga lebih mudah memperkirakan budget yang dibutuhkan.

Anggaran

Upacara dan resepsi pernikahan memakan biaya yang tidak sedikit. Anda dan pasangan harus terbuka dengan kemampuan finansial masing-masing dan keluarga. Jangan lupa menyiapkan uang untuk keperluan mendadak.

Budget besar atau kecil tidak masalah asalkan acara berjalan lancar. Jangan sampai memaksakan keuangan untuk membuat pernikahan yang mewah. Ingat, pernikahan hanyalah awal dari kehidupan bersama. Kalau di awal sudah memaksakan, bagaimana ke depannya?

Dokumentasi

Hal lain yang tidak kalah penting adalah dokumentasi. Jangan sampai momen istimewa Anda tidak diabadikan. Pastikan Anda memilih vendor fotografi yang menyediakan jasa yang sesuai dengan harga. Fotografer juga harus memahami konsep acara dengan baik.

Lokasi

Salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah adalah lokasi acara yang strategis. Venue juga harus sesuai dengan jumlah tamu dan konsep acara. Karena mencari venue yang sesuai tidak mudah, jangan sampai menentukan tempat secara mendadak!

Busana, kue pengantin, dan katering

Hal lain yang penting adalah busana pengantin. Pasangan yang memiliki budget lebih bisa membeli atau bahkan menjahitkan gaun sendiri. Tetapi, jika ingin berhemat, Anda bisa menyewa gaun. Gaun rental tidak kalah cantik dengan menjahit sendiri kok.

Kue pengantin dan katering juga sangat penting. Pilihlah vendor khusus pernikahan yang menyediakan food tasting. Jadi, Anda bisa menjamin bahwa kualitas makanan di acara Anda terjaga.

Pastikan juga bahwa dekorasi kue pengantin sesuai dengan tema acara.

Cincin dan souvenir

Cincin kawin adalah simbol janji setia pasangan. Maka, penting sekali untuk memilih cincin kawin yang sesuai. Tidaklah sulit mencari cincin kawin. Anda bisa membeli di toko perhiasan. Jika ada budget berlebih, Anda bisa memesan cincin sesuai dengan desain yang Anda dan pasangan buat sendiri.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan souvenir yang berkesan. Kenang-kenangan ini akan membuat tamu juga mengingat hari spesial Anda.

Anda bisa memilih untuk mendesain souvenir sendiri atau membeli desain yang sudah tersedia di vendor souvenir pernikahan. Tetapi tentu saja desain sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih tinggi.

Daftar tamu dan undangan

Tamu harus ditentukan kedua belah pihak supaya tidak ada yang terlewat. Jumlah tamu yang datang pun harus ditentukan dari jauh hari. Hal ini akan menentukan tempat dan biaya katering.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Cara Mempersiapan Pernikahan Dalam Waktu Singkat Namun Tetap Berkesan

Jun 28, 2019

Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah jika dikerjakan akan mendapat pahala. Hal inilah yang membuat semua orang memiliki pernikahan impian mereka. Jadi tidak asing lagi jika m...

Selengkapnya
Tips Membuat Undangan Digital

Oct 18, 2019

Untuk anda yang akan membuat undangan pernikahan, maka kami akan memberikan beberapa tips penting dan menguntungkan bagi anda. Apa saja tips tersebut? Berikut ini adalah ulasannya....

Selengkapnya
Apa Saja Kesalahan Yang Harus Kamu Hindari Saat Mempersiapkan Pernikahan?

Apr 10, 2020

Pernikahan adalah hal yang paling membahagiakan yang terjadi hanya satu kali dalam hidup sehingga banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuatnya sempurna dengan pertimbangan t...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id