Tips Menjelaskan Desain Undangan Digital Pada Penyedia Jasa

Jan 10, 2020

Tips Menjelaskan Desain Undangan Digital Pada Penyedia Jasa

Jika Anda ingin memiliki desain undangan digital yang baik, tentu menggunakan penyedia jasa akan lebih baik. Jasa desainer undangan digital memang mengambil pekerjaan ini karena sudah memiliki skill yang cukup. Desain buatan penyedia jasa tentu akan lebih profesional daripada Anda buat sendiri dengan menyewa jasa desain grafis biasa.

Tapi walaupun sudah mengandalkan para penyedia jasa ini, tetap saja banyak orang masih kecewa dengan hasil undangan yang didapatkan. Hal ini bukan karena kesalahan pihak desain, tapi pihak yang memesan. Karena desain undangan digital masih jarang yang menggunakan, kebanyakan pemesan merupakan pihak awam. Jadi saat mereka menerangkan desain yang diinginkan, bahasa dan juga arahan yang diberikan terkadang tidak jelas.

Komunikasi yang tidak baik ini, membuat desain yang sebenarnya bagus, jadi tampil sedikit canggung. Nah, untuk menghindari hal ini, mari gunakan tips – tips menjelaskan desain undangan digital pada pada penyedia jasa-nya!

Gunakan Referensi dan Contoh

Cara yang paling mudah untuk membantu Anda menjelaskan desain undangan yang diinginkan adalah dengan memakai referensi. Anda bisa coba mengumpulkan gambar dan link ke website undangan digital yang ingin Anda contoh desainnya. Dari sini, Anda bisa menunjukan bagian mana pada desain undangan yang ingin ubah, dicontoh sama persis ataupun dihilangkan.

Menggunakan cara ini, Anda juga bisa mencoba gabungkan beberapa desain undangan digital menjadi satu. Tentu untuk penggabungan ini, Anda tetap harus menjelaskan bagaimana tampilan gabungan yang akan dihasilkan nantinya menggunakan referensi yang sudah tersedia.

Jika Memungkinkan Gambar Sketsa dan Datang Langsung Untuk Menjelaskan Semisal, Anda memiliki ide unik tersendiri untuk undangan digital dan tidak menemukan referensi maupun contoh, Anda bisa usahakan membuat sketsa sendiri. Sketsa ini bisa berupa gambar sederhana dengan beberapa note keterangan untuk menjelaskan tentang desain itu.

Nah, menggunakan sketsa ini, Anda tentu akan lebih baik menjelaskan pada pihak jasa daripada harus memaksanya mengimajinasikan desain yang Anda utarakan. Penjelasan dengan bantuan visual ini tentu akan lebih baik daripada hanya lisan.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan sketsa ini adalah datang langsung face to face untuk menjelaskan seputar desain. Komunikasi face to face biasanya lebih efektif untuk menjelaskan sesuatu daripada hanya lewat telepon ataupun teks. Jadi pastikan bawa gambar sketsa Anda dan terangkan langsung pada penyedia jasa agar lebih jelas.

Pastikan Gunakan Bahasa yang Jelas

Saat menerangkan seputar desain, tolong kurangi penggunaan bahasa yang tidak jelas. Kata – kata seperti “dibuat menarik”, “dibuat lebih megah”, “pilihan warna yang ngejreng” dan kata – kata sejenisnya hanya akan membuat desainer yang mendengarkan pusing. Apa ukuran menarik yang Anda maksud? Lebih megah dari segi tulisan atau warna? Warna ngejreng maksudnya warna cerah atau warna unik yang menarik perhatian? Pertanyaan seperti ini tentu hanya akan membuat desain jadi tidak jelas. Jadi pastikan gunakan bahasa yang pasti dan memiliki ukuran agar bisa langsung diolah oleh desainer menjadi blueprint yang berguna.

Selalu Menjelaskan Per Bagian dan Tanyakan Apakah Pihak Jasa Mengerti Saat menjelaskan desain, pastikan jangan loncat – loncat. Saat membahas cover depan, jangan tiba – tiba membahas bagian tengah dan kembali lagi ke cover. Lakukan penjelasan dengan runtut dan sistematis. Hal ini membuat penjelasan Anda mudah ditangkap dan dimengerti.

Pastikan juga bertanya pada pihak jasa jika penjelasan Anda sudah di mengerti. Jika memungkinkan, minta petugas desain yang mendengarkan Anda untuk mengulangi desain yang diminta. Jika petugas bisa menerangkan seperti yang Anda jelaskan, hal petugas itu artinya sudah mengerti dan tidak ada salah paham.

Sekian bahasan mengenai tips memberi gambaran desain undangan digital kepada jasa pembuat desain undangan digital. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda!


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Jenis Undangan Digital

Oct 04, 2019

Untuk anda yang akan menikah, undangan pasti menjadi salah satu prioritas dalam sebuah pernikahan. Dalam membuat undangan ada beberapa cara yang saat ini bisa digunakan yaitu membu...

Selengkapnya
Personalisasi Undangan Digital Anda Dengan Praktis dan Murah!

Aug 16, 2019

Personalisasi undangan digital menjadi hal yang lumrah sekarang ini. Mengingat perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuat segala sesuatu bisa dilakukan secara singka...

Selengkapnya
Cara Membuat Undangan Digital

Oct 11, 2019

Undangan digital adalah salah satu jenis undangan yang sangat populer belakangan ini. Hal ini disebabkan karena jenis undangan ini memang memiliki cukup banyak kelebihan. Mulai dar...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id