Tips Menggelar Acara Pernikahan Sederhana Setelah Lebaran, Tak Perlu Khawatir Kehabisan Budget

10 April 2024

Tips Menggelar Acara Pernikahan Sederhana Setelah Lebaran, Tak Perlu Khawatir Kehabisan Budget

Banyak orang menganggap pernikahan adalah pesta yang menghabiskan banyak uang. Padahal ada beberapa tips menggelar acara pernikahan sederhana setelah lebaran untuk Anda jadikan referensi sebelum melangsungkan pernikahannya.

Momen setelah lebaran sering dijadikan pilihan untuk menggelar pernikahan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah tamu undangan yang khususnya beragama islam bisa bebas menyantap hidangan pesta pernikahan karena tak lagi berada dalam bulan Ramadhan.

Ikuti Tips Menggelar Acara Pernikahan Sederhana Setelah Lebaran

Menggelar pernikahan setelah lebaran dengan sederhana dan budgetnya minimalis sangat bisa dilakukan oleh semua calon pengantin. Dengan begitu, calon pengantin masih bisa menghemat dananya namun tetap menggelar acara pernikahan yang sakral dan terus diingat.

Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa tips melaksanakan acara pernikahan yang sederhana sesudah lebaran untuk diikuti: Tips Menggelar Acara Pernikahan Sederhana Setelah Lebaran Dengan Mengurangi Biaya Seragam Tips pertama agar bisa menggelar acara pernikahan yang sederhana dan hemat budget setelah lebaran adalah dengan mengurangi biaya seragam untuk keluarga ataupun teman. Pasalnya biaya seragam kerap kali menjadi salah satu budget pernikahan yang membengkak.

Padahal seragam tidak berpengaruh terhadap sah atau tidaknya sebuah prosesi pernikahan. Oleh karenanya, alangkah bijak jika Anda dapat memangkas biaya pengeluaran dengan tidak membagikan seragam dalam jumlah yang terlalu banyak. Kalau memungkinkan, Anda juga tak perlu membagikan kain kepada bridemaids. Anda dapat mengakalinya dengan meminta bridemaids memakai dresscode. Dengan demikian, Anda dan teman-teman ketika foto tetap bagus dan kompak walaupun tidak mengeluarkan biaya mahal.

Sewa Pakaian Pengantin

Berikutnya dalam tips menggelar acara pernikahan sederhana setelah lebaran yaitu dengan menyewa pakaian pengantin. Biasanya banyak calon pengantin yang membeli pakaian pernikahan mereka, padahal biayanya termasuk mahal.

Terlebih jika Anda menjahit baju pernikahan secara khusus di desainer terkenal dan memesan pakaian dengan detail yang rumit. Hal ini tentu membuat biaya yang harus Anda keluarkan semakin besar.

Oleh karena itulah, menyewa pakaian pengantin akan menjadi solusi tepat untuk menekan biaya acara pernikahan. Apalagi pakaian pengantin biasanya dipakai sekali saja dan tak dapat digunakan lagi di lain waktu ataupun acara apapun.

Membatasi Jumlah Tamu Undangan

Tak jarang ketika ingin mengadakan acara pernikahan, Anda dan keluarga ingin mengundang siapa saja yang dikenal. Padahal faktanya jumlah tamu undangan sangat berpengaruh terhadap biaya untuk pesta pernikahan secara menyeluruh.

Bukan tanpa alasan, semakin banyak orang yang Anda undang, otomatis bertambah banyak pula jumlah makanan yang harus dipesan dari catering. Belum lagi Anda juga perlu menyewa venue yang lebih luas supaya mampu menampung seluruh tamu.

Tidak Memakai Jasa Wedding Organizer

Salah satu pengeluaran terbesar ketika mengadakan acara pernikahan adalah memakai jasa wedding organizer alias WO. Ini merupakan pengeluaran yang dapat dihindari, apalagi jika masih memungkinkan Anda mengurus pernikahannya sendiri. Memang kemungkinan Anda membutuhkan usaha ekstra agar dapat mengurus semua persiapan pernikahan sendiri tanpa bantuan dari WO. Kendati demikian, hal ini bisa membantu Anda dalam menghemat biaya pernikahan setelah lebaran yang sudah direncanakan.

Itulah beberapa tips menggelar acara pernikahan sederhana setelah lebaran jitu yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menghemat budget yang akan dikeluarkan. Walaupun sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya, pernikahan tetap terjamin kesakralannya.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Inspirasi Busana Pernikahan yang Trendy

15 Mei 2024

Seiring dengan mendekatnya momen bahagia pernikahan nanti, tentu Anda ingin menciptakan momen tersebut bukan? Momen yang benar-benar istimewa menjadi fokus utama bagi setiap calon...

Selengkapnya
Memilih Vendor Pernikahan yang Bagus dan Terpercaya

06 Maret 2020

Mempersiapkan sebuah pernikahan memang tidak boleh sampai tidak matang apalagi asal. Hal itu karena pernikahan merupakan acara sakral yang hanya akan terjadi dalam sekali seumur hi...

Selengkapnya
5 Keuntungan Gelar Pernikahan di Bulan Lebaran Haji

05 Juni 2024

Perayaan hari idul Adha tentu merupakan momen yang penuh dengan keberkahan bahkan bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Namun ternyata banyak pasangan yang memutuskan untuk me...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang