Tidak Merayakan Hari Nyepi tapi Berlibur di Bali? Simak Beberapa Aktivitas yang Bisa Wed-Hunters Lakukan!

Mar 11, 2021

Tidak Merayakan Hari Nyepi tapi Berlibur di Bali? Simak Beberapa Aktivitas yang Bisa Wed-Hunters Lakukan!

Berlibur ke Bali saat Hari Raya Nyepi ternyata tak kalah menariknya dari hari-hari biasa. Meskipun tidak bisa bepergian ke tempat-tempat wisata, tapi ada beragam aktivitas menarik yang bisa Wed-Hunters lakukan bersama pasangan dan orang-orang terdekat.

Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu. Biasanya Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Saat Hari Raya Nyepi, aktivitas di Bali seolah lumpuh karena terdapat larangan yang harus dipatuhi dalam aturan Catur (Brata) Penyepian. Larangan tersebut meliputi amati karya (tidak bekerja), amati geni (tidak menyalakan api), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Nah, untuk Wed-Hunters yang berencana liburan ke Bali saat Nyepi, inilah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan agar liburan semakin berkesan.

Staycation di Hotel

AdobeStock_180954631.jpeg Photo Credit: littleguidedetroit.com

Selama Hari Raya Nyepi, Bali akan hening. Meski begitu, Wed-Hunters tak perlu khawatir akan mati gaya. Sebab staycation di hotel, villa, atau resort dengan fasilitas lengkap bisa jadi aktivitas menarik yang wajib dicoba saat Nyepi. Ada banyak kegiatan yang bisa Wed-Hunters lakukan selama berada di penginapan, mulai dari berenang, spa, massage, yoga, nonton film, baca buku, hingga menikmati berbagai macam hidangan yang ada di penginapan.

Menariknya lagi, banyak hotel di Bali yang menawarkan paket wisata seru saat Hari Raya Nyepi. Jadi, pastikan Wed-Hunters memilih penginapan yang tepat untuk staycation.

Menyaksikan Prosesi Upacara Melasti

d1xk9ic-0e3604e0-ddab-4c32-8edb-e53a98218c76.jpgPhoto Credit: deviantart.com

Upacara Melasti adalah rangkaian perayaan Nyepi di Bali yang digelar tiga atau dua hari sebelum liburan Nyepi. Upaca ini merupakan upacara penyucian diri dengan air kehidupan untuk menyambut Nyepi. Umumnya Upacara Melasti dilakukan di pinggir pantai, karena menurut kepercayaan umat Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai tirta amerta atau air kehidupan.

Dalam upacara ini, seluruh peserta memakai pakaian adat Bali. Selain itu, benda-beda sakral milik pura akan disucikan dan diarak keliling desa saat Upacara Melasti. Selama tidak mengganggu jalannya proses upacara, Wed-Hunters bisa menyaksikannya. Dengan menyaksikan Upacara Melasti, Wed-Hunters bisa semakin mengenal adat dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Melihat Pawai Ogoh-Ogoh di Kuta dan Ubud

Pawai-Ogoh-ogoh-Bali-1.jpgPhoto Credit: kintamani.id

Kuta dan Ubud merupakan rekomendasi tempat untuk melihat Pawai Ogoh-Ogoh selama berada di Bali. Di kawasan ini, Wed-Hunters bisa menyaksikan rombongan pawai yang begitu semarak. Pawai Ogoh-Ogoh sendiri adalah bagian dari upacara ngrupuk atau pengrupukan yang dilakukan sehari sebelum Nyepi.

Upacara ini bertujuan untuk mengusir Buta Kala, atau simbol bentuk kejahatan, dari lingkungan sekitar. Nah, Pawai Ogoh-Ogoh ini merupakan perwujudan Buta Kala yang diarak keliling desa dan dibakar pada akhir acara untuk mengusir kejahatan.

Menikmati Kesunyian dan Bintang di Malam Hari

NyepiDay-By-amrazing-770x413.jpgPhoto Credit: tripzilla.id

Pada saat Hari Raya Nyepi, tidak ada warga Bali yang melakukan aktivitas. Jalanan lengang dan industri-industri pun tidak beroperasi. Kesunyian ini bisa membuat Wed-Hunters lebih tenang dan rileks. Apalagi udara di Bali terasa lebih sejuk karena tidak ada polusi selama Nyepi. Malam harinya, Wed-Hunters dapat menikmati keindahan langit Bali. Taburan bintang di langit malam bisa Wed-Hunters saksikan dengan mata telanjang.

Menyaksikan Tradisi Omed-Omedan

007855000_1490846764-20170329-Muda-mudi-Rayakan-Tradisi-Omed-omedan-Setelah-Hari-Raya-Nyepi-AP-5.jpgPhoto Credit: liputan6.com

Tradisi yang diikuti oleh pemuda dari usia 17-30 tahun yang belum menikah ini digelar setelah Hari Raya Nyepi. Tradisi Omed-Omedan dalam bahasa Bali berarti tarik-tarikan. Peserta akan dibagi ke dalam dua kelompok sesuai jenis kelamin.

Itu tadi aktivitas menarik yang bisa Wed-Hunters lakukan selama Nyepi di Bali. Selamat berlibur dan tetap ikuti protokol kesehatan ya.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Tips Membagi Waktu untuk Wanita Karir yang Sudah Menikah

Nov 24, 2021

Siapa yang tidak ingin melanjutkan bakat menulis setelah menikah? Apa lagi orang juga paham bahwa mendapatkan sosok yang bisa membebaskan kita terbang dan berlayar bersama, akan sa...

Selengkapnya
Jarang Menghabiskan Waktu Bersama? Ini 5 Tips Menyikapi Pasangan yang Super Sibuk

Nov 19, 2021

Rata-rata orang yang menjalin hubungan dengan orang lain terkadang memang tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan apa yang diinginkan. Hal ini terbilang wajar mengingat pasangan...

Selengkapnya
6 Ide Mahar yang Anti Mainstream di Momen Pernikahan

Apr 24, 2020

Menikah menjadi hal yang sangat sakral untuk hidup seseorang. Kebanyakan orang akan mempersiapkannya dengan baik karena menikah dengan harapan sekali seumur hidup dan untuk menyemp...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id