Sedang Menyiapkan Biaya Pernikahan? Simak Tips Menabungnya Berikut Ini!

Oct 08, 2020

Sedang Menyiapkan Biaya Pernikahan? Simak Tips Menabungnya Berikut Ini!

Dalam mewujudkan pernikahan ideal, Wed-Hunters dan pasangan bakal melewati proses yang sarat kejutan. Berbagai hambatan yang kelak dihadapi pun akan menguji sejauh mana kalian bertahan dan solid dalam menemukan solusi, termasuk dalam mempersiapkan budget yang dikeluarkan. Kapan sebaiknya biaya pernikahan disiapkan? Sebenarnya, tak ada patokan pasti yang dapat Wed-Hunters gunakan untuk memulai menabung. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kesiapan kalian dan pasangan, salah duanya adalah rencana usia untuk menikah dan jumlah penghasilan tetap saat ini. Akan tetapi, untuk antisipasi, Wed-Hunters dapat mulai menyisihkan uang sejak kali pertama menerima gaji.

Menabung sejak dini pun dianjurkan buat Wed-Hunters yang ingin menggelar pernikahan besar. Sebagai contoh, kalau kalian punya penghasilan bulanan Rp3 juta, anggarkan Rp1 juta untuk budget pernikahan. Dalam waktu lima tahun, Wed-Hunter yang konsisten menabung sudah mengantongi tabungan senilai Rp60 juta. Durasinya bisa lebih singkat kalau kalian bertemu jodoh di tengah proses dan bersedia diajak menyisihkan uang bersama.

Kisaran biaya pernikahan di Indonesia terbilang variatif. Untuk yang sederhana, budgetnya bisa sekitar ratusan hingga jutaan rupiah. Sementara yang mewah dapat memakan biaya hingga ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah! Sekali lagi, Wed-Hunters dan pasangan harus melakukan persiapan matang terkait biaya. Berikut ini ada serangkaian tips yang bisa kalian aplikasikan.

Siapkan Rekening Khusus

Menabung, untuk kebutuhan apa pun, memang lebih baik dilakukan dalam rekening terpisah. Langkah tersebut akan membantu Wed-Hunters memantau jumlah gaji yang dialokasikan. Selain itu, kalian juga tak akan tergoda memakainya untuk hal-hal yang tak dibutuhkan. Jumlahnya dapat kalian atur bersama pasangan. Tak perlu besar, yang penting konsisten dikirimkan ke rekening tersebut dan dapat mencapai target tepat waktu.

Diskusikan Tanggung Jawab

Ingat, pernikahan bukan urusan salah satu pihak saja. Wed-Hunters harus melibatkan pasangan sejak merencanakan konsep awalnya. Mendiskusikan tanggung jawab bukan cuma meringankan beban, melainkan juga membantu Wed-Hunters menilai sejauh mana kalian siap untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Selain itu, kalian dapat mengawasi pemasukan dan pengeluaran lebih mudah yang akan menekan kesalahpahaman.

Rencanakan Konsep Pernikahan

Membicarakan tema atau konsep pernikahan memang terdengar mudah. Kenyataannya, perbedaan keinginan akan membuat perencanaan berantakan kalau tak segera diatasi. Sebelum membahasnya, Wed-Hunters dan pasangan jelaskan dulu masing-masing konsep ideal yang diharapkan. Jika kalian menemukan banyak perbedaan, ambil jalan tengah yang mempertemukan kedua konsep tersebut. Singkirkan dulu ego Wed-Hunters karena pernikahan bukanlah acara milik sendiri.

Siapkan Mental untuk Berhemat

Pengen menikah dengan konsep mewah, tetapi tak mau menabung terlalu lama? Berarti, Wed-Hunters dan pasangan harus menyiapkan mental buat berhemat! Periksa anggaran bulanan, lalu singkirkan pos-pos pengeluaran yang menurut kalian dapat ditunda sementara waktu. Wed-Hunters yang punya gaya hidup wah mungkin bakal merasa berat menjalankannya di awal, tetapi demi pernikahan ideal, pengorbanan tersebut bakal segera terbayar.

Hindari Pinjaman atau Berutang

Banyak calon pengantin yang nekat mengambil pinjaman besar demi melaksanakan pernikahan mewah. Biasanya langkah tersebut diambil demi memenuhi gengsi atau tak tahu cara menyiapkan budget sejak awal. Alangkah baiknya Wed-Hunters menghindari pinjaman atau berutang, terutama kalau belum punya jaminan untuk menebusnya di kemudian hari. Jangan sampai hari-hari pertama kalian berumah tangga dipenuhi tagihan utang.

Mudah-mudahan Wed-Hunters dapat mengatur biaya pernikahan dengan lancar! Jangan lupa share juga pengalaman Wed-Hunters dalam menabung di section komen di bawah ini. Because sharing is caring!


Bagikan cerita ini

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id