Rencana Pernikahan di Bulan Muharram, Ketahui Dalam Aturan Islam

10 Juli 2024

Rencana Pernikahan di Bulan Muharram, Ketahui Dalam Aturan Islam

Apakah kalian saat ini punya rencana untuk melangsungkan pernikahan di bulan Muharram? Nah, memang dalam pandangan orang orang awam banyak yang mengatakan jika melangsungkan pernikahan di bulan Muharram tidak baik dilakukan. Namun, itu hanya pendapat dari beberapa orang saja tidak semua orang. Yuk, bagi kalian yang ada Rencana Pernikahan Di Bulan Muharram bisa intip di dalam artikel kali ini hingga tuntas.

Ini Dia Rencana Pernikahan di Bulan Muharram, Ketahui Dalam Aturan Islam

Bulan Muharram adalah salah satu bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Seeta juga mempunyai makna tersendiri untuk umat Islam di seluruh dunia. Selain menjadi awal tahun baru Islam yang identik dengan ibadah. Di mana bulan Muharram juga di anggap sebagai salah satu bulan yang sangat penuh dengan berkah. Maka dari itu, tidak sedikit juga pasangan Muslim yang memilih untuk menikah di bulan yang mulia yaitu pada Muharram. Sebab keberkahan serta juga makna khusus yang terkandung dalam bulan suci tersebut. Supaya tidak ragu lagi, yuk langsung saja silahkan simak beberapa penjelasannya di bawah ini perihal terkait dengan menikah pada bulan Muharram.

Tradisi Menikah Pada Bulan Muharram

Jika tetap berkeinginan untuk melangsungkan pernikahan, maka kalian bisa mengikuti tradisi berikut ini. Sehingga dengan begitu maka acara yang diadakan tetap akan sakral dan juga tidak menimbulkan konflik. Di antaranya yaitu sebagai berikut ini: Mengadakan Acara Sederhana Tidak sedikit juga pasangan Muslim yang memilih untuk mengadakan pernikahan sederhana serta juga khidmat pada bulan Muharram. Di mana pasangan yang akan menikah berfokus pada nilai-nilai agama dan kebersamaan dengan keluarga serta sahabat terdekat. Sehingga dengan begitu maka tidak menghilangkan penghormatan kepada peristiwa pada bulan Muharram. Acara yang di sepenggal dengan cara sederhana akan terasa lebih khidmat. Sebab benar-benar telah diatur agar tidak mengganggu orang-orang di sekitar serta juga hanya cukup untuk memenuhi niat pernikahan. Pastinya juga dapat menghemat biaya pernikahan yang akan dikeluarkan sebab tidak membutuhkan banyak perlengkapan.

Tidak Menyelenggarakan Pesta Secara Besar-besaran

Tidak hanya sederhana, acara yang diselenggarakan hendaknya bukanlah pesat besar-besaran yang mampu untuk menghabiskan banyak uang. Bahkan ada beberapa pasangan Muslim memilih untuk tidak menyelenggarakan pesta pernikahan besar-besaran maupun juga mengurangi tradisi yang cenderung berlebihan serta kemewahan. Hanya dengan pesta kecil yang khidmat, damai serta juga sakral maka acara pernikahan tetap berkesan. Serta mampu untuk membawa keberkahan untuk keluarga tersebut.

Memahami Amanah dan Tujuan Pernikahan

Bahkan juga tidak hanya fokus terhadap keberkahan dan tradisi pada bulan Muharram. Jadi untuk pasangan yang menikah juga diingatkan terkait dengan bagaimana tanggung jawab serta juga amanah dalam pernikahan. Seperti yang sudah di ketahui jika pernikahan dalam agama Islam bukan sekedar ikatan lahiriah, namun juga ikatan batiniah yang di amanahkan secara langsung oleh Allah SWT. Pasangan laki laki dan perempuan harus saling mencintai, menghormati, serta juga mendukung dalam kebaikan juga kesulitan satu sama lainnya. Menikah pada bulan Muharram menjadi salah satu kesempatan untuk para pasangan Muslim agar bisa memahami serta juga mengamalkan nilai-nilai pernikahan Islami dengan jauh lebih mendalam. Jadi di dalam agama Islam tidak ada larangan secara khusus untuk melangsungkan pernikahan pada bulan Muharram. Nah, jadi Rencana Pernikahan di Bulan Muharram kalian akan menggunakan konsep seperti apa? Jika masih bingung, yuk temukan informasi menarik seputar konsep pernikahan rekomendasi Wedew di https://wedew.id/blog/.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Ide Hadiah Pernikahan yang Unik dan Bermakna, Manfaatkan Momen Kebahagiaan

07 Februari 2024

Terkadang, mencari hadiah pernikahan yang unik dan bermakna bisa menjadi tugas yang menantang. Anda ingin memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar barang atau uang, sesuatu yang...

Selengkapnya
Ide Souvenir Pernikahan Saat Bulan Ramadhan Yang Bermanfaat

27 Maret 2024

Ide souvenir pernikahan saat bulan Ramadhan itu membuat banyak pasangan merasa kesulitan untuk mencari yang pas. Walaupun demikian, bukan berarti tidak ada souvenir yang cocok untu...

Selengkapnya
Tren Terbaru Dekorasi Pernikahan untuk Tahun Ini

21 Februari 2024

Pernikahan adalah acara yang paling dinantikan dalam kehidupan banyak pasangan, dan bagian penting dari perencanaan pernikahan adalah dekorasinya. Setiap tahun, tren dekorasi perni...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang