Ramadhan Pertama sebagai Pasutri? Siapkan Diri dengan Rutinitas Baru Ini

Apr 13, 2021

Ramadhan Pertama sebagai Pasutri? Siapkan Diri dengan Rutinitas Baru Ini

Siapa diantara Wed-Hunters yang tahun ini menjalani Ramadhan pertama sebagai Pasutri (Pasangan Suami Istri)? Pasti jadi lebih semangat menjalaninya kan? Sahur sudah nggak sendiri dan saat buka puasa sudah ada yang menemani. Memang benar segala yang pertama mungkin agak canggung. Tapi tenang, Wedew sudah siapkan beberapa hal yang bisa Wed-Hunters mulai persiapkan dengan pasangan!

Saling Berbagi Tugas saat Menyiapkan Sahur dan Buka

Sebenarnya memasak dan urusan dapur bukan hanya tugas dari seorang istri saja. Suami juga harus bisa membantu, karena rumah tangga itu adalah soal kerja sama. Nah selama bulan puasa nanti sebagai pasangan suami istri tak ada salahnya untuk saling berbagi tugas bersama pasangan saat akan menyiapkan sahur dan berbuka puasa. 

Biasanya menyiapkan sahur akan jauh lebih berat daripada berbuka puasa. Karena Wed-Hunters mengalami rasa kantuk dan malas masak, biasanya maunya yang praktis–praktis saja. Padahal gizi selama puasa harus diperhatikan.

Nah salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri baru adalah dengan menyusun menu beberapa hari bersama. Pilih menu makanan yang bisa dimasak dengan cepat dan tentu saja awet saat disimpan di kulkas sehingga bisa tinggal menghangatkan saja. 

Cobalah Saling Mengingatkan Waktu Ibadah

Salah satu peran pasangan satu sama lain adalah dengan saling mengingatkan untuk urusan kebaikan. Di bulan Ramadhan ini ada banyak ibadah sunah yang memiliki amalan berlipat ganda untuk pahalanya. Nah jika Wed-Hunters biasanya malas–malasan mengerjakannya maka sekarang karena sudah ada pasangannya tentu saja harus lebih semangat.

Cobalah untuk saling mengingatkan satu sama lain untuk beribadah. Jika salah satu sedang malas, Wed-Hunters bisa merayunya untuk beribadah karena beribadah bersama akan lebih menyenangkan. Dan pahalanya juga kan makin berlipat ganda. 

Hindari Bermesraan di Siang Hari

Karena masih Ramadhan pertama sebagai pasangan suami istri tentu saja pasti ingin berduaan terus menerus. Tapi Wed-Hunters harus hati–hati melakukannya saat bulan puasa. Ada baiknya untuk menghindari bermesraan dengan pasangan saat siang hari, jika keterusan karena akan membuat puasa Wed-Hunters batal.

Usahakan untuk menyibukkan diri masing – masing dengan bekerja atau melakukan hobi masing–masing saat liburan. Setelah berbuka puasa atau selepas tarawih bisa bermesraan lagi. 

Sepakati Waktu untuk Berhubungan Intim

Sebenarnya ini juga salah satu hal yang tak kalah penting untuk pasangan suami istri yang baru pertama kali Ramadhan bersama. Hubungan seks sebenarnya menjadi salah satu kebutuhan suami istri. Sehingga selama bulan puasa, ada baiknya untuk mengatur waktu berhubungan intim dengan baik. Lakukan kesepakatan bersama pasangan kapan waktu yang dirasa paling nyaman untuk bisa melakukannya. Sangat penting untuk menghindari melakukan hubungan intim larut malam, karena rasa lelah bisa buat Wed-Hunters dan pasangan sulit bangun sahur. Atau Wed-Hunters bisa memilih waktu sebelum sahur. Setelah berhubungan intim jangan lupa untuk mandi wajib agar ibadah yang dijalankan afdal. 

Atur Waktu Kunjungan ke Rumah Orang Tua dengan Adil

Saat bulan Ramadhan biasanya rasa rindu untuk berkumpul dengan orang tua akan memuncak. Tentu saja ada rasa ingin sahur dan buka bersama dengan masakan ibu yang terhidang di meja. Karena sudah menikah, maka Wed-Hunters sudah memiliki dua pasang orang tua. Keduanya sama-sama harus di hormati dan harus diperlakukan adil dan termasuk juga dengan urusan kunjungan ke rumahnya. Lakukan diskusi dengan baik bersama pasangan untuk mengatur waktu kunjungan dengan adil. Ada baiknya untuk membuat kesepakatan bersama yang nyaman. 

Selamat menjalani ibadah bulan Ramadhan, semoga segala ibadah Wed-Hunters diterima oleh Allah SWT.


Bagikan cerita ini

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id