Persiapan Menikah Terhambat karena Financial Issue di Masa Pandemi? Berikut Tipsnya!

Nov 10, 2020

Persiapan Menikah Terhambat karena Financial Issue di Masa Pandemi? Berikut Tipsnya!

Tidak banyak orang yang berhasil melangsungkan pernikahan mereka di era pandemi seperti sekarang ini. Jika Wed-Hunters termasuk salah satu yang merasa kesulitan untuk melangsungkan pernikahan karena terganjal masalah finansial karena Covid-19, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Wed-Hunters ikuti agar tetap bisa melangsungkan pernikahan meski dompet lebih tipis dari sebelumnya.

Utamakan Sah secara Agama

Ketika Wed-Hunters ingin menikah tapi terganjal biaya karena tumbangkan finansial, maka hal pertama yang harus Wed-Hunters lakukan adalah mengutamakan pernikahan yang sah secara agama. Menikah secara agama biasanya biayanya tidak akan begitu mahal. Wed-Hunters hanya cukup merayakan dengan orang terdekat agar pernikahan dapat berlangsung secara hikmat.

Undang Rekan Dekat dan Keluarga Terdekat

Jika Wed-Hunters menginginkan pesta, atau mau tidak mau mengadakan pesta. Batasilah undangan di pesta tersebut. Hanya pilih mereka yang benar-benar dekat baik itu rekan, saudara dan juga keluarga inti.

Dengan mengadakan pesta kecil-kecilan, maka biaya yang dibutuhkan untuk dekorasi, rias pengantin, pakaian untuk seragam bahkan gedung dan konsumsi juga bisa diminimalisir sesedikit mungkin. Oleh karena itu, meski tabungan tidak sebanyak dahulu, proses pernikahan tetap bisa diselenggarakan.

Minimalisir dengan Sistem Digital

Selain meminimalisir undangan, hal lain yang juga bisa diperhatikan untuk meminimalisir biaya pernikahan di era pandemi ini adalah dengan meminimalisir pengeluaran dengan memanfaatkan teknologi digital.

Salah satu unsur dalam pernikahan yang bisa diganti dengan sistem digital adalah undangan pernikahan. Undangan pernikahan bisa dibuat dengan sistem digital baik dengan gambar digital atau dengan menggunakan e-Invitation.

Jika Wed-Hunters ingin undangan yang lebih murah tapi tidak terkesan murahan, maka menggunakan undangan digital dalam bentuk website bisa menjadi pilihan untuk penghematan biaya pernikahan. Selain menghemat biaya kertas, undangan dalam bentuk website juga meminimalisir biaya yang digunakan untuk ongkos mengantarkan undangan pernikahan Wed-Hunters. Jika Wed-Hunters ingin miliki e-Invitation hari ini juga, bisa langsung daftar di sini.

Hindari Pinjam Uang untuk Mengadakan Pesta Pernikahan

Hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika Wed-Hunters ingin menikah di era pandemi adalah menghindari meminjam dana untuk pesta pernikahan. Harus Wed-Hunters tahu, bahwa kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Artinya, kita juga tidak tahu kapan ekonomi saat ini benar-benar pulih. Oleh karena itu, meminjam uang untuk menyelenggarakan pernikahan bukanlah hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Perlu Wed-Hunters ingat, pesta pernikahan semegah apapun tidak akan membuat Wed-Hunters bahagia jika hidup menanggung hutang. Oleh karena itu, hindari meminjam uang jika hanya akan digunakan untuk biaya pernikahan.

Buat Syukuran untuk Tetangga Dekat

Mungkin Wed-Hunters berpikir apa yang akan dikatakan oleh tetangga jika Wed-Hunters menikah tanpa diketahui oleh tetangga tersebut. Wed-Hunters mungkin juga akan merasa bingung bagaimana cara memberikan informasi pada tetangga jika Wed-Hunters sudah menikah akan tetapi hanya dengan keluarga.

Untuk memberikan informasi bahwa Wed-Hunters sudah menikah tapi pesta pernikahan dilakukan dengan sederhana, Wed-Hunters bisa mempersiapkan syukuran kecil-kecilan yaitu dengan menyediakan nasi bungkus yang dilengkapi dengan lauk yang umumnya digunakan dalam pesta pernikahan.

Di atas hidangan atau bungkus dari makanan syukuran ini Wed-Hunters bisa memberikan informasi mengenai kapan pernikahan Wed-Hunters diselenggarakan dan siapa nama mempelai pernikahan yang menikah dengan Wed-Hunter.

Nah demikian adalah ulasan mengenai cara paling mudah, paling sederhana dan irit biaya yang bisa Wed-Hunters lakukan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan di tengah pandemi ini. Semoga membantu!


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Ke Mana Sebaiknya Anda Mengalokasikan Angpao Pernikahan?

Sep 20, 2019

Bagi pasangan yang baru menikah, mendapatkan angpao undangan pernikahan menjadi berkah untuk memulai biduk rumah tangga. Uang dalam angpo tersebut merupakan hadiah dari keluarga se...

Selengkapnya
Sistem Angpao Pernikahan Digital dari Wedew

May 15, 2020

Dalam sebuah pernikahan ada satu hal yang tidak bisa dilupakan hal tersebut adalah mengenai angpao pernikahan. Angpao yang diberikan oleh para tamu pernikahan merupakan salah satu...

Selengkapnya
Wedew.id: Pioneer Wedding E-Invitation untuk Pernikahanmu

May 25, 2019

Sekarang jamannya teknologi, undangan pernikahan pakai wedding e-invitation aja! Ngga usah pakai ribet, ngga pakai kertas, dan meminimalisir penebangan pohon. Undangan kertas pun p...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id