Pernikahan Tidak Sesuai Ekspektasi? Terus Gimana Dong?

29 Juni 2022

Pernikahan Tidak Sesuai Ekspektasi? Terus Gimana Dong?

Mewujudkan pernikahan impian bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuat pernikahan berjalan sesuai ekspektasi. Namun banyak pula pernikahan yang berjalan tidak sesuai ekspektasi akibat beberapa faktor. Lalu bagaimana membuat pernikahan sesuai ekspektasi?

Ekspektasi dan realita terkadang tidak terjadi secara beriringan. Tidak sedikit wanita terutama memiliki ekspektasi tersendiri dengan kehidupan rumah tangga. Namun seringkali apa yang dibayangkan tidak berjalan sesuai realita. Hal tersebut kerap membuat wanita merasa menyesal dan kecewa. Akan tetapi tidak dapat berbuat apa-apa karena sudah terjun dalam pernikahan.

Membuat pernikahan sesuai ekspektasi dapat terjadi jika kedua calon pengantin mampu berkomunikasi dengan baik. Perasaan bingung dan kecewa tentu akan muncul di hati pengantin ketika pernikahan tidak sesuai dengan ekspektasinya. Terlebih jika salah satu pihak calon pengantin saling mempertahankan keinginannya. Kamu dapat mengatasi kekecewaan dengan melakukan hal – hal berikut ini.

Pernikahan Tidak sesuai Ekspektasi dengan Tidak Membandingkan Pasangan

Apabila kamu tidak ingin dikecewakan oleh pasangan, tentu kamu juga harus mau belajar untuk tidak mengecewakannya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah berhenti membandingkan dirinya dengan orang lain. Terlebih jika kamu membandingkannya dengan mantanmu. Tentu hal tersebut sangat menyakitkan bagi pasangan dan pernikahan.

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebagai pasangan yang baik, kamu harus dapat memahami kelebihan dan kekurangan dari pasanganmu. Jangan sampai menjatuhkannya, bahkan membandingkan dengan orang lain.

Menghargai Pendapat Pasangan

Mewujudkan pernikahan impian tentu bukan dari pihak laki-laki atau perempuan saja. Kedua belah pihak harus mampu menghargai pendapat satu dengan yang lainnya. Ketika kamu mampu berkomunikasi, tentu kebahagian pernikahan akan menjadi milik berdua.

Hormati keinginan pasangan

Tidak hanya berkomunikasi saja, namun rasa hormat juga harus kamu miliki ketika memutuskan untuk menikah. Banyak diantara calon pengantin yang merasa aneh ketika mengungkapkan keinginannya. Seringkali merasa bahwa pasangan tidak akan menganggap pendapatnya. Namun justru hal tersebut adalah anggapan yang salah.

Kamu dapat mengungkapkan pendapat dan lebih menghormati pendapat dari pasanganmu. Seaneh apapun impian atau perasaanmu, pastikan kamu tetap menghormatinya untuk membuat pernikahan sesuai ekspektasi. Jangan menghakimi, namun cobalah untuk lebih peka dan menghargainya.

Mengurangi Ekspektasi

Tidak dipungkiri jika ekspektasi seseorang ketika menikah cukup tinggi. Banyak diantara mereka yang ingin mewujudkannya dalam pernikahan yang berjalan dengan baik dan lancar. Istri biasanya memiliki ekspektasi yang tinggi kepada pasangan. Misalnya saja, setelah menikah suami akan lebih perhatian dan dewasa. Namun kerapkali ekspektasi tersebut tidak terwujudkan, bahkan sebaliknya.

Kamu dapat menurunkan ekspektasimu kepada pasangan. Tidak masalah jika ingin mewujudkan pernikahan sesuai ekspektasi, namun pastikan ekspektasimu tidak terlalu besar. Kamu tetap boleh memiliki ekspektasi, namun jangan sampai membuatmu kecewa.

Selamat mencoba tips-tips diatas untuk meminimalkan kekecewaan jika pernikahan tidak sesuai ekspektasi.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Outdoor Wedding Venue di Bandung

23 November 2022

Pernikahan merupakan salah satu kegiatan yang mengandung arti mendalam. Bahkan tidak jarang juga orang yang mengatakan bahwa acara ini termasuk sakral dan hanya bisa sekali seumur...

Selengkapnya
Panduan Mencari Lokasi Foto Prewedding yang Berkesan di Hari Valentine

14 Februari 2024

Salah satu faktor penting dalam hasil foto prewedding yang memukau adalah lokasi atau tempat yang dipilih, melebihi jika proses foto itu diadakan pada momen Valentine. Memilih temp...

Selengkapnya
Lebaran Pertama Jadi Pasutri? Jangan Lupakan Ini

27 April 2022

Puasa sebulan penuh sepertinya terbayar dengan datangnya hari raya Idul Fitri. Tentunya momen bahagia ini paling berkesan jika dibagikan kepada orang-orang terkasih. Apalagi untuk...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang