Pernikahan Tidak Sesuai Ekspektasi? Terus Gimana Dong?

29 Juni 2022

Pernikahan Tidak Sesuai Ekspektasi? Terus Gimana Dong?

Mewujudkan pernikahan impian bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuat pernikahan berjalan sesuai ekspektasi. Namun banyak pula pernikahan yang berjalan tidak sesuai ekspektasi akibat beberapa faktor. Lalu bagaimana membuat pernikahan sesuai ekspektasi?

Ekspektasi dan realita terkadang tidak terjadi secara beriringan. Tidak sedikit wanita terutama memiliki ekspektasi tersendiri dengan kehidupan rumah tangga. Namun seringkali apa yang dibayangkan tidak berjalan sesuai realita. Hal tersebut kerap membuat wanita merasa menyesal dan kecewa. Akan tetapi tidak dapat berbuat apa-apa karena sudah terjun dalam pernikahan.

Membuat pernikahan sesuai ekspektasi dapat terjadi jika kedua calon pengantin mampu berkomunikasi dengan baik. Perasaan bingung dan kecewa tentu akan muncul di hati pengantin ketika pernikahan tidak sesuai dengan ekspektasinya. Terlebih jika salah satu pihak calon pengantin saling mempertahankan keinginannya. Kamu dapat mengatasi kekecewaan dengan melakukan hal – hal berikut ini.

Pernikahan Tidak sesuai Ekspektasi dengan Tidak Membandingkan Pasangan

Apabila kamu tidak ingin dikecewakan oleh pasangan, tentu kamu juga harus mau belajar untuk tidak mengecewakannya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah berhenti membandingkan dirinya dengan orang lain. Terlebih jika kamu membandingkannya dengan mantanmu. Tentu hal tersebut sangat menyakitkan bagi pasangan dan pernikahan.

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebagai pasangan yang baik, kamu harus dapat memahami kelebihan dan kekurangan dari pasanganmu. Jangan sampai menjatuhkannya, bahkan membandingkan dengan orang lain.

Menghargai Pendapat Pasangan

Mewujudkan pernikahan impian tentu bukan dari pihak laki-laki atau perempuan saja. Kedua belah pihak harus mampu menghargai pendapat satu dengan yang lainnya. Ketika kamu mampu berkomunikasi, tentu kebahagian pernikahan akan menjadi milik berdua.

Hormati keinginan pasangan

Tidak hanya berkomunikasi saja, namun rasa hormat juga harus kamu miliki ketika memutuskan untuk menikah. Banyak diantara calon pengantin yang merasa aneh ketika mengungkapkan keinginannya. Seringkali merasa bahwa pasangan tidak akan menganggap pendapatnya. Namun justru hal tersebut adalah anggapan yang salah.

Kamu dapat mengungkapkan pendapat dan lebih menghormati pendapat dari pasanganmu. Seaneh apapun impian atau perasaanmu, pastikan kamu tetap menghormatinya untuk membuat pernikahan sesuai ekspektasi. Jangan menghakimi, namun cobalah untuk lebih peka dan menghargainya.

Mengurangi Ekspektasi

Tidak dipungkiri jika ekspektasi seseorang ketika menikah cukup tinggi. Banyak diantara mereka yang ingin mewujudkannya dalam pernikahan yang berjalan dengan baik dan lancar. Istri biasanya memiliki ekspektasi yang tinggi kepada pasangan. Misalnya saja, setelah menikah suami akan lebih perhatian dan dewasa. Namun kerapkali ekspektasi tersebut tidak terwujudkan, bahkan sebaliknya.

Kamu dapat menurunkan ekspektasimu kepada pasangan. Tidak masalah jika ingin mewujudkan pernikahan sesuai ekspektasi, namun pastikan ekspektasimu tidak terlalu besar. Kamu tetap boleh memiliki ekspektasi, namun jangan sampai membuatmu kecewa.

Selamat mencoba tips-tips diatas untuk meminimalkan kekecewaan jika pernikahan tidak sesuai ekspektasi.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Bukan Sekadar Obrolan, Sepenting Apa Pillow Talk untuk Suami-Istri?

03 Desember 2020

Bagi pasangan suami-istri, aktivitas di ranjang berpengaruh besar terhadap keharmonisan rumah tangga. Berbagai cara bisa Wed-Hunters dan pasangan lakukan untuk membuat hubungan ter...

Selengkapnya
Perlu Diketahui Para Suami, Pro dan Kontra Istri Wanita Karier dan Stay at Home Mom

08 Desember 2020

Ketika memutuskan berumahtangga, Wed-Hunters tak bisa lagi mengambil keputusan secara sepihak, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan peran Wed-Hunters sebagai suami dan is...

Selengkapnya
Weekend tapi Pandemi? Beberapa Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan bersama Pasangan Halalmu

10 Desember 2020

Pandemi covid-19 saat ini memang mengharuskan untuk lebih banyak berada di rumah saja. Jika sebelum pandemi biasanya Wed-Hunters bersama pasangan halal selalu menikmati waktu akhir...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id