Kenali Red Flag dalam Hubungan

31 Agustus 2022

Kenali Red Flag dalam Hubungan

Dalam menjalani sebuah hubungan asmara, tentunya tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita inginkan, bukan? Bisa saja mengalami percekcokan atas suatu hal atau bahkan justru mengalami red flag (bendera merah asmara) meskipun tidak pernah berantem sekalipun. Nah, bagi Wed Wed-Hunters di rumah yang mungkin mengalami kondisi demikian perlu menyimak beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut.

Pada dasarnya, red flag merupakan suatu sifat, sikap ataupun perilaku pada diri seseorang yang menjadi pertanda bahwa dia tidak bisa menjalin hubungan dengan sehat. Apabila hal ini dipaksakan, maka bisa jadi hubungan asmara yang dijalani justru akan berbahaya secara emosional.

Apabila Wed Wed-Hunters di rumah mengalami kondisi red flag yang satu ini, maka bisa dipastikan jika hal itu merupakan suatu sinyal yang menandakan bahwa ada sesuatu hal yang tidak beres agar kita bisa menghindarinya sesegera mungkin. Sehingga, hal inilah yang nantinya tidak akan berdampak buruk pada hubungan asmara ke depannya.

Banyak sekali kasus hubungan asmara yang tadinya tidak pernah bertengkar / berantem namun tiba – tiba saja berakhir dengan kondisi bendera merah. Umumnya, hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan di antaranya sebagai berikut :

Timbulnya Kritikan yang Menjatuhkan

Alasan utama yang menjadikan hubungan asmara mengalami red flag yakni biasanya terjadi karena timbulnya kritikan yang menjatuhkan dari pasangan. Adanya kritik ini bisa saja nantinya menjadikan Wed Wed-Hunters perlahan kehilangan harga diri. Jelas saja, ini merupakan pertanda hubungan yang tidak sehat. Sebab, munculnya kritikan yang menjatuhkan ini secara tidak langsung akan menimbulkan perasaan cemas dan tidak aman ke depannya.

Alasan Red Flag Karena Tidak Adanya Kejelasan

Situasi dan kondisi semacam ini sepertinya sudah cukup banyak dialami oleh hampir banyak pasangan di zaman sekarang. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika Wed Wed-Hunters dan pasangan yang sudah lama bersama, namun tidak kunjung mendapatkan kejelasan hubungan. Apabila hal ini semakin lama dijalani dan Wed Wed-Hunters tidak kunjung mendapatkan kejelasan hubungan, maka sudah pasti hubungan yang dijalani hanya sebatas permainan saja tanpa mau menjalin komitmen yang serius.

Sikap Posesif yang Berlebihan

Meskipun Wed Wed-Hunters dan pasangan mungkin jarang terlibat pertengkaran, akan tetapi ketika salah satunya menunjukkan sikap posesif yang berlebihan, tentunya hal ini menjadi pemicu terjadinya red flag. Biasanya, sikap posesif ini ditunjukkan karena seseorang menunjukkan rasa cemburu yang berlebihan terhadap pasangannya. Sehingga, tak jarang mereka akhirnya terlibat dalam zona bendera merah. Adanya sikap posesif ini tentunya akan membuat seseorang merasa sulit berekspresi dan tidak bebas untuk melakukan apa yang ingin dilakukan.

Terlalu Bersikap Manipulatif

Sikap manipulative atau dikenal dengan istilah gaslighting merupakan bentuk pelecehan emosional dalam hubungan asmara yang menjadikan korban merasa ragu akan dirinya sendiri. Adanya sikap inilah yang menjadikan pelaku mudah memanipulasi dan mengendalikan korban dengan mudah. Salah satu contoh dari sikap manipulative ini yakni dengan mempertanyakan maupun memutarbalikkan fakta. Saat pasangan sudah membuat kita ragu akan diri sendiri hingga tak jarang menyalahkan diri sendiri, maka bisa jadi itu tanda bahaya dari bendera merah gaslighting.

Dari beberapa alasan terjadinya kondisi red flag dalam hubungan asmara di atas, Wed Wed-Hunters perlu menghindari kondisi ini agar hubungan asmara tetap sehat dijalankan. Selain itu, pastikan untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan agar tidak terjadi perselisihan yang mengakibatkan kandasnya hubungan asmara nanti.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

4 Alasan Oversharing Hubungan Itu Kurang Baik

07 September 2022

Oversharing hubungan di medsos nyatanya bisa memberikan dampak yang buruk bagi Wed-Hunters. Seperti yang diketahui, di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, seringka...

Selengkapnya
10 Ide Kado Valentine untuk Pasangan

10 Februari 2021

Memasuki bulan Februari, Wed-Hunters pasti mulai bersibuk ria untuk mencari kado Valentine bagi pasangan tersayang. Biasanya banyak yang bingung, ingin mencari kado yang unik, mena...

Selengkapnya
Beberapa Tips untuk Pasangan Menikah Jarak Jauh untuk Tetap Harmonis

18 Februari 2021

Menjalani kehidupan pernikahan bukanlah perkara mudah. Pasang surut rumah tangga yang terkadang terasa berat bisa jadi pemicu retaknya hubungan. Terlebih lagi jika Wed-Hunters haru...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id