Mitos-Mitos Menjelang Pernikahan dan Faktanya

Nov 12, 2020

Indonesia memiliki banyak mitos yang berhubungan dengan pernikahan. Salah satunya adalah mitos-mitos yang dipercaya akan terjadi menjelang pernikahan. Beberapa mitos yang berhubungan dengan persiapan pernikahan ini antara lain adalah :

Mitos Dipingit

Salah satu mitos yang cukup banyak dibicarakan ketika Wed-Hunters akan menikah adalah mitos pingitan. Pada zaman dahulu setiap wanita yang akan menikah harus dipingit terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena kepercayaan bahwa pingitan akan menghindarkan Wed-Hunters yang akan menikah dari ancaman dan dari bahaya.

Akan tetapi sesungguhnya mitos pingitan ini sesungguhnya bisa juga dianggap benar. Pasalnya, dengan tidak keluar rumah, Wed-Hunters akan terhindar dari kemungkinan kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Selain itu, Wed-Hunters juga bisa merawat diri agar lebih siap pada saat hari pernikahan tiba.

Mitos Banyak Masalah Menjelang Pernikahan

Selanjutnya, banyak orang yang mengatakan bahwa ketika menjelang hari pernikahan, maka pasangan mempelai akan mengalami banyak masalah. Dalam mitos ini disebutkan bahwa makin dekat dengan hari pernikahan, maka permasalahan mungkin akan lebih banyak terjadi.

Hal ini ternyata bukan mitos belaka dan bisa dijelaskan secara psikologis. Pasangan yang akan menikah adalah pasangan yang akan mengikat janji bersama dan merelakan hidup single mereka untuk bersama selamanya. Janji ini bukan janji yang mudah dan membuat orang berpikir lebih dalam.

Pikiran-pikiran yang muncul tidak hanya berupa pikiran baik tapi juga pikiran-pikiran yang mungkin akan membuat Wed-Hunter merasa tidak yakin dengan pasangan dan pernikahan. Akan tetapi kembali lagi, hal ini hanya sebuah mind trick yang akan dialami oleh semua orang. Oleh karena itu, Wed-Hunters tidak perlu khawatir karena semua kekhawatiran ini akan lenyap sesaat setelah Wed-Hunters mengikat janji suci.

Mitos Gaun Pengantin yang Robek

Mitos lain yang sering muncul pada mereka yang akan menikah adalah menghindari gaun pengantin sobek. Konon katanya gaun pengantin yang sobek bisa menjadi tanda buruk bahwa mempelai pria akan mengalami hal yang tidak mengenakkan atau bahkan meninggal. Akan tetapi jangan khawatir, mitos ini hanya merupakan mitos belaka yang tidak ada asal-usul dan penyebabnya.

Tidak Boleh Berpergian Jauh

Jika Wed-Hunters tidak diperbolehkan pergi atau melakukan perjalanan jarak jauh sebelum melangsungkan pernikahan, hal ini merupakan tanda bahwa Wed-Hunters sedang dijaga. Wed-Hunters tidak boleh pergi jauh-jauh karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat perjalanan tersebut. Jadi sesungguhnya konsep larangan pergi jarak jauh pada saat akan menikah ini mirip dengan pingitan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tidak Memindahkan Cincin Tunangan

Mitos yang terakhir mengenai persiapan pernikahan adalah mitos yang berhubungan dengan cincin tunangan. Disebutkan bahwa bagi Wed-Hunters yang akan menikah sebaiknya tidak memindahkan cincin tunangan menjelang pernikahan. Tentu saja ancamannya ada hal buruk yang mungkin terjadi jika hal ini dilanggar.

Akan tetapi perlu Wed-Hunters tahu, bahwa tidak sedikit pasangan yang tidak menyelenggarakan tukar cincin atau pertunangan sebelum pernikahan. Jadi, masalah memindahkan cincin tunangan ini sebaiknya tidak usah dihiraukan karena sudah pasti ini hanya mitos yang tidak jelas asal usulnya.

Nah demikian, mitos dan fakta yang disebut ada hubungannya dengan masa-masa menjelang pernikahan. Semoga ulasan mengenai mitos yang berhubungan dengan musim pernikahan ini bisa membantu Wed-Hunters merasa lebih tenang menyambut hari pernikahan yang semakin mendekat.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Wedew.id: Pioneer Wedding E-Invitation untuk Pernikahanmu

May 25, 2019

Sekarang jamannya teknologi, undangan pernikahan pakai wedding e-invitation aja! Ngga usah pakai ribet, ngga pakai kertas, dan meminimalisir penebangan pohon. Undangan kertas pun p...

Selengkapnya
Keuntungan Menggunakan e-Invitation

Sep 27, 2019

Undangan adalah salah satu bagian penting dalam pernikahan. Untuk membuat undangan pernikahan ini saat ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu membuat undangan klasik dengan...

Selengkapnya
New Normal, Tunda Nikah Atau Tetap Diselenggarakan?

Jul 03, 2020

Bukan menjadi hal yang mudah bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, tetapi dihadapkan pada dilema akibat adanya pandemi Covid-19. Dilema yang dihadapi ini adalah apakah...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id