Mitos-Mitos Menjelang Pernikahan dan Faktanya

12 November 2020

Mitos-Mitos Menjelang Pernikahan dan Faktanya

Indonesia memiliki banyak mitos yang berhubungan dengan pernikahan. Salah satunya adalah mitos-mitos yang dipercaya akan terjadi menjelang pernikahan. Beberapa mitos yang berhubungan dengan persiapan pernikahan ini antara lain adalah :

Mitos Dipingit

Salah satu mitos yang cukup banyak dibicarakan ketika Wed-Hunters akan menikah adalah mitos pingitan. Pada zaman dahulu setiap wanita yang akan menikah harus dipingit terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena kepercayaan bahwa pingitan akan menghindarkan Wed-Hunters yang akan menikah dari ancaman dan dari bahaya.

Akan tetapi sesungguhnya mitos pingitan ini sesungguhnya bisa juga dianggap benar. Pasalnya, dengan tidak keluar rumah, Wed-Hunters akan terhindar dari kemungkinan kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Selain itu, Wed-Hunters juga bisa merawat diri agar lebih siap pada saat hari pernikahan tiba.

Mitos Banyak Masalah Menjelang Pernikahan

Selanjutnya, banyak orang yang mengatakan bahwa ketika menjelang hari pernikahan, maka pasangan mempelai akan mengalami banyak masalah. Dalam mitos ini disebutkan bahwa makin dekat dengan hari pernikahan, maka permasalahan mungkin akan lebih banyak terjadi.

Hal ini ternyata bukan mitos belaka dan bisa dijelaskan secara psikologis. Pasangan yang akan menikah adalah pasangan yang akan mengikat janji bersama dan merelakan hidup single mereka untuk bersama selamanya. Janji ini bukan janji yang mudah dan membuat orang berpikir lebih dalam.

Pikiran-pikiran yang muncul tidak hanya berupa pikiran baik tapi juga pikiran-pikiran yang mungkin akan membuat Wed-Hunter merasa tidak yakin dengan pasangan dan pernikahan. Akan tetapi kembali lagi, hal ini hanya sebuah mind trick yang akan dialami oleh semua orang. Oleh karena itu, Wed-Hunters tidak perlu khawatir karena semua kekhawatiran ini akan lenyap sesaat setelah Wed-Hunters mengikat janji suci.

Mitos Gaun Pengantin yang Robek

Mitos lain yang sering muncul pada mereka yang akan menikah adalah menghindari gaun pengantin sobek. Konon katanya gaun pengantin yang sobek bisa menjadi tanda buruk bahwa mempelai pria akan mengalami hal yang tidak mengenakkan atau bahkan meninggal. Akan tetapi jangan khawatir, mitos ini hanya merupakan mitos belaka yang tidak ada asal-usul dan penyebabnya.

Tidak Boleh Berpergian Jauh

Jika Wed-Hunters tidak diperbolehkan pergi atau melakukan perjalanan jarak jauh sebelum melangsungkan pernikahan, hal ini merupakan tanda bahwa Wed-Hunters sedang dijaga. Wed-Hunters tidak boleh pergi jauh-jauh karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat perjalanan tersebut. Jadi sesungguhnya konsep larangan pergi jarak jauh pada saat akan menikah ini mirip dengan pingitan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tidak Memindahkan Cincin Tunangan

Mitos yang terakhir mengenai persiapan pernikahan adalah mitos yang berhubungan dengan cincin tunangan. Disebutkan bahwa bagi Wed-Hunters yang akan menikah sebaiknya tidak memindahkan cincin tunangan menjelang pernikahan. Tentu saja ancamannya ada hal buruk yang mungkin terjadi jika hal ini dilanggar.

Akan tetapi perlu Wed-Hunters tahu, bahwa tidak sedikit pasangan yang tidak menyelenggarakan tukar cincin atau pertunangan sebelum pernikahan. Jadi, masalah memindahkan cincin tunangan ini sebaiknya tidak usah dihiraukan karena sudah pasti ini hanya mitos yang tidak jelas asal usulnya.

Nah demikian, mitos dan fakta yang disebut ada hubungannya dengan masa-masa menjelang pernikahan. Semoga ulasan mengenai mitos yang berhubungan dengan musim pernikahan ini bisa membantu Wed-Hunters merasa lebih tenang menyambut hari pernikahan yang semakin mendekat.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Plus Minus Menikahi Warga Negara Asing yang Perlu Dipertimbangkan

29 Januari 2021

Bisa dikatakan jodoh adalah hal misterius yang selalu mengundang rasa penasaran. Kadang, Wed-Hunters yang sudah lama mendambakan pasangan dengan tipe tertentu malah dipertemukan de...

Selengkapnya
Konseling Pranikah? Memangnya Penting?

20 Juli 2022

Membahas terkait dengan halnya sebuah pernikahan maka setiap orang akan menginginkan terjadi sekali seumur hidup. Adanya pernikahan yang langgeng dan juga nyaman di jalankan oleh k...

Selengkapnya
New Normal, Tunda Nikah Atau Tetap Diselenggarakan?

03 Juli 2020

Bukan menjadi hal yang mudah bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, tetapi dihadapkan pada dilema akibat adanya pandemi Covid-19. Dilema yang dihadapi ini adalah apakah...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang