Menikah Di Bulan Puasa, Apa Saja Manfaatnya?

06 Maret 2024

Menikah Di Bulan Puasa, Apa Saja Manfaatnya?

Menikah adalah salah satu impian dan menjadi ibadah yang paling panjang karena dilakukan selama seumur hidup. Para pasangan tentu harus memilih hari terbaik untuk melakukan pernikahan tersebut. Salah satunya adalah menikah di bulan puasa atau Ramadan.

Beragam Kelebihan Menikah Di Bulan Puasa

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui jika bulan Ramadan termasuk ke dalam salah satu waktu yang paling tepat untuk melangsungkan pernikahan. Bahkan, banyak ulama berpendapat menjadi bulan paling bagus dan dipenuhi keberkahan. Maka inilah daftar dari kelebihannya!

Lebih Hemat Dalam Pengeluaran Catering

Siapa yang menyangka apabila bulan Ramadan mampu membuat budget pernikahan semakin ditekan dengan minim. Maka Anda hanya perlu menyediakan bingkisan makanan beserta box nasi untuk dibawa pulang.

Dengan demikian, para tamu undangan bisa mengkonsumsinya ketika sudah memasuki waktu buka puasa. Lain halnya saat tamu undangan tersebut datang saat malam hari maka perlu menyediakan nasi beserta lauknya.

Bisa Memangkas Budget Dekorasi

Pada bulan puasa nantinya kaum muslimin akan dilarang untuk berlebih-lebihan. Termasuk saat melakukan pesta pernikahan. Jadi alangkah baiknya menggunakan resepsi yang sederhana saja, walaupun deklarasi memang tetap diadakan tapi tidak terlalu mewah.

Biasanya dekorasi yang terlalu mewah adalah salah satu yang membuat budget pernikahan cukup membengkak. Maka dari itu, ketika memutuskan untuk menjalankan pernikahan saat bulan puasa lebih minim pengeluarannya.

Menikah Di Bulan Puasa Pahala Berlipat Ganda

Kelebihan yang paling utama dan selalu disebut oleh para ulama ketika menjalankan pernikahan saat bulan Ramadan ialah pahala bisa berlipat ganda. Karena menikah adalah tercatat sebagai amalan baik yang nantinya bisa datangkan pahala double ketika dilaksanakan.

Nilai dari ibadah pun bukan hanya memiliki poin bersatunya pasangan halal tapi juga berbagai macam aspek lainnya. Contohnya yaitu memberikan makanan untuk perjamuan kepada seluruh undangan yang dinilai sebagai ganjaran sedekah.

Melatih Hawa Nafsu Dalam Diri

Pernikahan yang diadakan saat bulan suci Ramadan ternyata membuat pasangan mempelai mau tidak mau melatih dirinya dalam menjaga hawa nafsu. Kenapa demikian? Sebab para pasangan ketika siang hari harus ikut berpuasa dan menahan lapar beserta nafsu syahwat.

Mungkin ini juga alasan kenapa pernikahan yang dilaksanakan saat bulan suci Ramadan memiliki pahala yang berlipat ganda. Karena memang menahan diri dari hawa nafsu adalah sesuatu hal yang sangat sulit.

Tidak Menimbulkan Julid

Sebetulnya bukan menjadi rahasia umum ketika suatu pernikahan apalagi itu resepsi seringkali menimbulkan banyak komentar dari tetangga. Entah itu komen yang baik maupun buruk pasti akan muncul.

Bisa Peroleh Doa Dari Orang-orang Yang Berpuasa

Doa yang berasal dari orang-orang berpuasa merupakan doa yang paling baik dan manjur. Itulah kenapa berkah bagi mereka yang melakukan pernikahan di bulan Ramadan, sebab mendapatkan doa terbaik dari doa-doa lainnya.

Hal ini pun ternyata sudah sesuai dengan hadis rasulullah yang menyampaikan jika Allah akan membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap bulan Ramadan. Apabila umat memanjatkan doa maka doa tersebut akan dikabulkan.

Setiap pasangan pasti memiliki visi misi dalam pernikahan mereka bukan. Maka dari itu, ketika mereka memutuskan untuk menikah telah mencerminkan cinta mereka sebagai sarana ibadah dalam seumur hidup.

Demikianlah ulasan tentang berbagai manfaat menikah di bulan puasa. Semoga saja pernikahan penuh dengan keberkahan ya.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Menikah Anggaran Terbatas Saat Bulan Ramadhan, Berikut Ini Tipsnya!

13 Maret 2024

Di dunia yang di mana biaya hidup terus meningkat, memiliki pernikahan yang indah dan bermakna dengan anggaran terbatas bisa menjadi tantangan. Namun, dengan sedikit kreativitas, A...

Selengkapnya
Konsep Pernikahan Saat Bulan Puasa Simpel dan Elegan

20 Maret 2024

Pernikahan itu merupakan salah satu momen yang sangat penting dalam hidup, karena ketika sudah berani menikah maka mampu mengambil keputusan terbesar dalam hidup. Apalagi konsep pe...

Selengkapnya
Menikah Konsep Outdoor di Bulan Februari, Berikut Keuntungannya!

28 Februari 2024

Saat dua individu memutuskan untuk mengikat janji sehidup semati, banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah tempat pernikahan itu sendiri. Dalam beberapa tahun...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang