Menikah dengan Budget Terbatas dan Bingung Atur Prioritas? Simak Rekomendasi dari Wedew

17 Mei 2023

Menikah dengan Budget Terbatas dan Bingung Atur Prioritas? Simak Rekomendasi dari Wedew

Berencana menggelar pernikahan sederhana bukanlah hal yang tabu untuk di bicarakan. Jangan lupa bahwa inti dari sebuah pernikahan adalah prosesi ijab kabul. Selain itu, terserah kamu untuk mengadakan konsep menikah dengan budget terbatas yang Wed-Hunters miliki.

Berbicara tentang pernikahan berkonsep minimalis, namun tetap meriah merupakan sesuatu yang banyak di cari oleh para pasangan. Maka dari itu jika kalian termasuk salah satunya silahkan langsung saja simak penjelasannya pada berikut.

Tidak perlu resepsi, cukup akad saja

Biasanya sumber pengeluaran terbesar bagi pasangan yang akan menikah adalah mempersiapkan resepsi menikah dengan budget terbatas. Bayangkan saja, untuk satu kali resepsi pernikahan kamu bisa menghabiskan budget pernikahan yang tidak sedikit. Belum lagi persiapan yang panjang, mulai dari mengawasi venue, catering, hingga koordinasi dengan wedding organizer, membayangkannya saja sudah membuat Wed-Hunters lelah.

Tidak perlu bangunan mewah, pilih lokasi di rumah gratisan

Daripada harus menyewa gedung yang bisa memakan banyak biaya, bagaimana kalau melangsungkan pernikahan di rumah? Toh, kekhidmatan sebuah pernikahan tidak di ukur dari seberapa besar dan megahnya tempat pernikahan tersebut.

Apalagi jika kamu hanya menggelar pesta menikah dengan budget terbatas, tentunya tidak terlalu membutuhkan gedung pernikahan yang terlalu besar. Misalnya saja harganya sewa gedung termurah sekitaran Rp. 3 jutaan, sedangkan untuk biaya nikah di rumah saja gratis. Uang yang bisa kamu tabung akan berguna di simpan sebagai dana darurat.

Bandingkan dengan katering yang di masak sendiri, hanya Rp 1,8 juta

Meski menggunakan konsep pernikahan yang sederhana, kamu tetap harus menyiapkan hidangan untuk di hidangkan kepada para tamu undangan. Daripada menggunakan jasa kuliner yang mahal dan belum tentu memiliki cita rasa yang sesuai dengan selera. Jadi lebih baik masak sendiri masakan yang harganya relatif murah. Dalam menyiapkan masakan, mintalah bantuan teman, saudara atau tetangga agar proses memasak lebih cepat. Itu adalah cara menikah dengan budget terbatas.

Sewa jasa catering

Harga paket prasmanan pernikahan dengan menu nasi, sop makaroni sosis, ayam goreng, bihun goreng, sambal, kerupuk, buah dan air Rp 50.000. Maka biaya yang harus kamu siapkan untuk 25 orang tamu undangan beserta pasangannya adalah Rp. 50 ribu x 50 = Rp. 2.5 juta.

Tunda foto prewedding, cukup foto Polaroid

Sepertinya foto prewedding di anggap sebagai kewajiban oleh sebagian orang yang ingin menikah. Padahal, jika menikah dengan budget terbatas, foto prewedding bisa menghabiskan biaya yang cukup banyak.

Kamu bisa menggantinya dengan memajang foto-foto momen bersama calon suami/istri kamu di masa lalu dalam bentuk foto polaroid. Selain memberikan kesan klasik dan simpel, menyiapkan foto Polaroid tidak membutuhkan budget yang besar. Mari kita bandingkan secara sederhana.

Dengan foto prewedding

Misalkan, harganya foto prewed termurah ialah Rp. 700.000 untuk sepuluh gaya foto dan durasi 4 jam. Artinya, untuk satu gaya foto, kamu hanya di beri waktu 24 menit dengan biaya masing-masing Rp 70.000 jadi pas untuk menikah dengan budget terbatas.

Tidak ada foto prewedding

Tentu sepuluh foto terasa kurang, bukan? Lebih baik kamu cetak foto momen kebersamaan yang sudah ada di percetakan foto polaroid. Biasanya harga cetak foto Polaroid adalah Rp. 200 per foto. Jadi, untuk mencetak 100 foto, kamu hanya membutuhkan budget Rp 20.000 saja. Tidak buruk, bukan?

Nah, soal konsep presentasi terserah kalian berdua. Mungkin kamu bisa menempelkan foto-foto ini di sepanjang tali di dinding upacara pernikahan untuk memberi kesan kepada para tamu bahwa mereka memantau waktu kamu bersama dari awal hingga kisah pernikahan.

Itu saja info terkait menikah dengan budget terbatas yang bisa kalian ketahui dengan baik, semoga bermanfaat ya Wed-Hunters.


Bagikan cerita ini

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang