Konsep Pernikahan di Hari Pramuka Sedunia, Gunakan Seragam Pramuka?

07 Agustus 2024

Konsep Pernikahan di Hari Pramuka Sedunia, Gunakan Seragam Pramuka?

Warganet sejauh ini memang sepertinya tidak pernah ada bosannya dengan pembicaraan yang ada hubungannya dengan pernikahan. Usai viral undangan dengan dua mempelai perempuan dan laki laki, kemudian membuat undangan berformat unik. Saat ini yang tengah ramai di perbincangkan terkait dengan pernikahan dengan konsep khas pramuka. Ketua Kwartir nasional, Adhyaksa Dault sampai mengucap selamat untuk pengantin unik yang sedang viral tersebut. Lantas bagaimana Konsep Pernikahan di Hari Pramuka Sedunia?

Ini Dia Kaitan Hari Pramuka Dengan Konsep Pernikahan di Hari Pramuka Sedunia

Berbicara terkait dengan perayaan Hari Pramuka ternyata tak dapat ditujukan hanya terhadap satu tanggal tertentu. Di negara Indonesia, terdapat dua tanggal Hari Pramuka dalam setahun. Yang pertama adalah momen Hari Pramuka Sedunia yang jatuh di tanggal 22 Februari. Sementara yang kedua, ada momen Hari Pramuka Nasional yang jatuh di tanggal 14 Agustus. Di mana kedua tanggal itu mempunyai sejarah masing-masing. Sampai pada akhirnya di tetapkan sebagai Hari Pramuka.

Sejarah Adanya Hari Pramuka Sedunia

Hari Pramuka Sedunia ditetapkan sesuai hari lahir penggagas gerakan pramuka yakni Robert Baden Powell yang dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1857. Momen ini merupakan peristiwa penting dalam kalender kepramukaan. Setiap tanggal 22 Februari, anggota pramuka di seluruh dunia memperbaharui janji pramuka yang menegaskan kembali komitmen mereka terhadap nilai-nilai pramuka. Dikutip dari buku Panduan Wajib Pramuka Superlengkap karya Jaenudin Yusup dan Tini Rustini, sejarah kepramukaan sedunia berawal sejak tahun 1908 saat Baden-Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya kemudian dibuat buku dengan judul Scouting for Boys dan tersebar ke berbagai negara. Berawal dari buku, berdirilah organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama "Boys Scout". Sejarah berlanjut pada tahun 1912, di tahun ini Baden-Powell dibantu adik perempuannya, Agnes untuk mendirikan organisasi kepramukaan wanita dengan nama "Girl Guides". Organisasi ini diketahui diteruskan oleh istri Baden-Powell bernama Olave St Clair Soames. Sejak saat itu, organisasi kepramukaan berkembang pesat hingga timbul kelompok pramuka usia siaga di tahun 1916 dengan nama CUB dan Rover Scout untuk mereka yang berusia 17 tahun pada tahun 1918. Tahun 1920, diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Baden-Powell mengundang pramuka dari 27 negara dan dirinya diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Sejarah Adanya Hari Pramuka Nasional

Gagasan Baden-Powell menyebar ke berbagai negara, termasuk Belanda yang saat itu tengah menjajah Indonesia. Gagasan itu dibawa dan didirikan organisasi pandu pertama dengan nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda. Pada masa pergerakan nasional, para pemimpin Indonesia juga membentuk organisasi kepanduan yang bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa menjadi pergerakan nasional. Sejak saat itu muncul bermacam-macam organisasi kepanduan namun bersifat kedaerahan. Gagasan Kepramukaan saat awal dibawa Belanda disebut dengan Padvinder. Namun, ketika pergerakan nasional sedang bermunculan pemerintah Hindia Belanda melarang pemakaian istilah Padvindery. Maka, KH Agus Salim menggunakan istilah pandu atau kepanduan. Momen Sumpah Pemuda juga menjadi pemantik kesadaran nasional semakin meningkat. Pada tahun 1961 diketahui ada 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam tiga federasi besar yakni IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia), POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia), dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia). Namun, berpisah-pisah nampaknya membuat timbulnya kelemahan. Ketiganya akhirnya melebur menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia).

Untuk kalian yang memiliki keinginan untuk menggunakan Konsep Pernikahan di Hari Pramuka Sedunia, langsung saja intip website resmi https://wedew.id/blog .


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Konsep Baru Pernikahan di Hari Remaja Internasional

31 Juli 2024

International Youth Day atau yang disebut dengan Hari Remaja Internasional diperingati setiap tanggal 12 Agustus dalam setiap tahunnya. Hari ini kerap kali dijadikan sebagai konsep...

Selengkapnya
Menikah Di Bulan Fotografi Sedunia? Kenapa Tidak

21 Agustus 2024

Pernikahan adalah momen istimewa yang tidak hanya mengikat dua hati menjadi satu, tetapi juga menciptakan kenangan indah yang akan selalu dikenang sepanjang hidup. Bagaimana jika M...

Selengkapnya
Isu Selingkuh Ramai Diperbincangkan, Lakukan Ini Dengan Pasangan Untuk Hindari Perselingkuhan

25 Februari 2021

Isu selingkuh akhir-akhir ini sedang menjadi isu yang hangat di kalangan masyarakat. Beberapa artis dan influencer mengalami prahara di dalam rumah tangganya sehingga harus berakhi...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang