Ke Mana Sebaiknya Anda Mengalokasikan Angpao Pernikahan?

Sep 20, 2019

Ke Mana Sebaiknya Anda Mengalokasikan Angpao Pernikahan?

Bagi pasangan yang baru menikah, mendapatkan angpao undangan pernikahan menjadi berkah untuk memulai biduk rumah tangga. Uang dalam angpo tersebut merupakan hadiah dari keluarga serta tamu yang diundang dengan nominal yang bervariasi.

Jumlah besar dari uang angpao kadang menggoda pengantin baru untuk segera menggunakannya. Entah untuk membeli perabot atau berlibur ke luar negeri. Namun, ada baiknya Anda pertimbangkan lagi penggunaan uang tersebut karena masih ada banyak hal penting yang harus diperhatikan, seperti yang disebutkan berikut ini:

Tabungan

Di awal pernikahan, Anda dan pasangan mungkin belum merasakan pembengkakan kebutuhan. Akan tetapi, saat mempunyai anak dan membesarkannya, ada perubahan besar yang mempengaruhi banyak hal, khususnya finansial. Kehadiran tabungan dipercaya dapat membantu dalam situasi darurat.

Di samping itu, tabungan dapat menjadi persiapan jangka panjang yang memudahkan Anda di kemudian hari. Misalnya, tabungan untuk biaya pendidikan anak yang terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Tak ada yang tahu kondisi finansial Anda dan pasangan di masa depan, buian?

Dana cadangan

Sifat dana cadangan hampir sama dengan tabungan, hanya saja dapat Anda gunakan dalam situas darurat. Misalnya saat anak dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis. Besarnya biaya perawatan yang dikenakan dapat segera Anda tebus menggunakan dana cadangan.

Dana cadangan juga bisa digunakan di awal pernikahan. Jika masih ada sisa, sisihkan sebagian untuk tabungan dan gunakan seperlunya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Jadi, Anda dan pasangan pun tak akan kesulitan saat harus membayar sesuai dan terhindar dari hutang.

Cicilan

Hindari foya-foya kalau Anda dan pasangan masih menunggak hutang atau cicilan! Angpao undangan pernikahan sebaiknya dialokasikan untuk menebus hutang rumah tangga. Misalnya KPR rumah, mobil, motor, sewa kontrakan, dan keperluan lain yang sifatnya urgent.

Memang terasa berat, apalagi kalau jumlah yang dikeluarkan lumayan besar. Akan tetapi, Anda tak akan merasa dikejar hutang setelahnya dan dapat menikmati rumah atau kendaraan. Gaji juga bisa Anda pakai untuk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Asuransi

Beberapa orang menganggap asuransi sebagai produk mewah. Padahal, Anda bisa memilih jenis asuransi yang iuran bulanannya sesuai dengan gaji. Sejumlah perusahaan asuransi pun menawarkan produk-produk terjangkau dengan jaminan jangka panjang yang menguntungkan.

Anda dapat memulai dari asuransi kesehatan bersama pasangan. Jika Anda merencanakan punya anak, pertimbangkan asuransi pendidikan sedini mungkin. Perhatikan juga syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan perusahaan agar Anda mudah mengklaim asuransi di kemudian hari.

Investasi

Uang angpao yang didapatkan dari tamu beserta keluarga bisa Anda dan pasangan manfaatkan sebagai modal investasi. Apalagi sekarang ada sejumlah investasi yang tak menuntut uang muka besar dan cocok bagi Anda yang belum berpengalaman dalam bidang tersebut.

Investasi tersedia dalam beragam jenis. Ada yang ditawarkan bank dalam bentuk tabungan, ada pula yang hadir sebagai logam mulia (emas, perak, dan lain-lain). Sesuaikan jenis investasi sesuai kebutuhan Anda dan kemampuan saat mengelolanya, sehingga dapat membawa untung besar.

Supaya pengelolaan uang angpao semakin praktis, ajak tamu dan kerabat keluarga Anda untuk mengirimkannya secara online. Bisa lewat transfer bank, Gopay, OVO, dan aplikasi lainnya. Jadi, Anda dan pasangan dapat mengetahui nominal pasti serta tak perlu capek-capek menghitungnya. Dengan aktivasi yang mudah, uang yang mengalir sebagai angpao undangan pernikahan akan langsung masuk dan diterima.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Tips Memilih Tempat Undangan Pernikahan Digital

Jun 07, 2019

Untuk menyambut hari yang berbahagia, anda pasti ingin sebuah undangan yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Bagaimana dengan menggunakan undangan pernikahan digital? Undangan d...

Selengkapnya
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sebar Undangan Digitalmu

Dec 21, 2019

Saat membuat undangan digital, ada beberapa hal yang tentunya perlu diperhatikan dengan baik. Untuk membantu Anda mempersiapkan undangan ini, mari bahas hal penting tersebut beriku...

Selengkapnya
Sistem Angpao Pernikahan Digital dari Wedew

May 15, 2020

Dalam sebuah pernikahan ada satu hal yang tidak bisa dilupakan hal tersebut adalah mengenai angpao pernikahan. Angpao yang diberikan oleh para tamu pernikahan merupakan salah satu...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id