Jaga Kesehatan di Bulan Ramadhan dengan Beberapa Tips Ini

05 April 2023

Jaga Kesehatan di Bulan Ramadhan dengan Beberapa Tips Ini

Berikut ini ada beberapa tips dalam menjaga kesehatan selama Bulan Ramadhan supaya tubuh tetap sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas. Serta juga dapat terhindar serangan penyakit berbahaya yang dapat merugikan Wed-Hunters semua. Apa saja kiranya?

Memenuhi Cairan Tubuh di Bulan Ramadhan

Tubuh tentu saja sangat memerlukan cairan, sedangkan kekurangan cairan bisa membuat tubuh lebih mudah untuk terdehidrasi. Penuhi terlebih dahulu cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari selama waktu berbuka puasa sampai juga sahur.

Konsumsi Makanan Bergizi

Selain tubuh membutuhkan cairan, tubuh juga memerlukan gizi seimbang selama bulan Ramadhan. Pastikan terlebih dahulu Wed-Hunters mengonsumsi makanan bergizi seimbang atau yang mengandung karbohidrat, protein dan serat. Hal ini di lakukan pada saat sahur maupun berbuka puasa supaya tubuh tetap kuat beraktivitas selama puasa.

Ingat Sahur

Jangan sampai Wed-Hunters lewatkan makan sahur, pasalnya tubuh memerlukan energi yang di dapat ketika makan sahur. Energi yang di peroleh ketika sahur bisa juga membantu tubuh tidak mudah lelah pada saat beraktivitas selama berpuasa.

Hindari Makanan Berlemak

Kurangi juga makanan berlemak tinggi ketika Wed-Hunters berbuka puasa dan makan sahur. Hal tersebut di lakukan agar makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi akan mudah di serap oleh tubuh, sehingga rasa lapar di sini jauh lebih mudah terasa.

Tetap Beraktivitas

Berpuasa pada bulan ramadhan bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Tubuh Wed-Hunters harus bergerak untuk dapat menjaga metabolisme tubuh. Tetap beraktivitas fisik minimal kurang lebih 30 menit setiap harinya agar tubuh sehat, bugar dan produktif.

Mengubah pola tidur

Menjelang puasa bulan Ramadhan hari pertama, jika Wed-Hunters masih punya jadwal tidur yang buruk dan tidak teratur, sebaiknya mulai ubah dari sekarang. Selama masa pandemi atau social distancing atau work from home mungkin sudah dapat mengubah kegiatan sehari-hari kita, termasuk juga tidur. Maka dari itu hindari juga kebiasaan buruk begadang dan dan hal-hal yang bisa merusak waktu istirahat Wed-Hunters.

Jaga tubuh terhidrasi dengan perbanyak minum air putih secara rutin

Wed-Hunters di sini pasti paham tubuh manusia sendiri mengandung 60 sampai 70 persen air. Untuk itu baiknya jaga tubuh Wed-Hunters agar kebutuhan air di tubuh selalu terpenuhi ya supaya nggak dehidrasi. Hal ini bahkan juga dapat menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang. Di antaranya yaitu lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, sampai gejala berat seperti halusinasi dan kematian. Nggak mau kan pada saat bulan Ramadhan nanti tubuh Wed-Hunters akan kehilangan cairan dan mengalami gejala yang dapat menghambat ibadah puasa? Jadi pastikan Wed-Hunters di sini mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari ya.

Mengkonsumsi buah serta sayuran

Supaya tubuh Wed-Hunters tetap sehat dari hari pertama sampai Idul Fitri tiba, Wed-Hunters di sini harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Dengan cara mengkonsumsi sayur serta buah asupan nutrisi akan terjaga dan membantu mempertahankan stamina dan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah serta sayur yang kaya akan serat, vitamin dan mineral. Namun Wed-Hunters pilih buah yang tidak terlalu manis ya, sebab makanan yang manis membuat cairan dalam tubuh keluar lebih cepat, tubuh jadi lebih mudah lemas di siang hari.

Nah itu dia beberapa cara untuk dapat menjaga kesehatan tubuh pada saat puasa bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.


Bagikan cerita ini

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang