Hubungan dengan Orang Tua dan Mertua Tetap Terjalin dengan Membagi Waktu Kunjungan secara Bijak

Dec 22, 2020

Hubungan dengan Orang Tua dan Mertua Tetap Terjalin dengan Membagi Waktu Kunjungan secara Bijak

Setelah menikah, tentunya akan ada banyak yang berubah di dalam kehidupan Wed-Hunters. Di mana Wed-Hunters kini sudah memiliki dua keluarga besar yang harus bisa dijaga hubungannya secara baik. Saat Wed-Hunters harus tinggal di rumah pasangan, tentu akan jarang bertemu dengan orang tua. Begitu pun saat Wed-Hunters memutuskan untuk tinggal di rumah sendiri. Tentu saja orang tua dan mertua juga mengharapkan agar bisa sering-sering bertemu.

Oleh karena itu, penting untuk berdiskusi antara Wed-Hunters dengan pasangan agar tidak membuat hubungan dengan mertua dan orang tua menjadi semakin jauh setelah menikah. Lalu, bagaimana cara mengatur waktunya? Agar hubungan dengan orang tua dan mertua tidak merenggang, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Wed-Hunters lakukan untuk mengatur waktu pertemuan dengan orang tua dan juga mertua.

Buat Kesepakatan Dengan Pasangan Untuk Kunjungi Orang Tua Dan Mertua

Diperlukan adanya diskusi antara Wed-Hunters dengan pasangan untuk membuat kesepakatan kapan harus mengunjungi orang tua dan mertua. Tentukanlah harinya yang merupakan hari di luar pekerjaan Wed-Hunters, misalnya hari Sabtu dan Minggu. Pastikan hari-hari tersebut dibagi antara orang tua dengan mertua. Sehingga pembagian waktu tersebut pun adil.

Menentukan Berapa Kali Harus Berkunjung

Wed-Hunters juga harus menentukan berapa kali harus berkunjung ke rumah orang tua dan mertua dalam satu bulan atau beberapa bulan. Jika tempat tinggal Wed-Hunters berada di kota yang sama dengan orang tua dan mertua, maka bisa berkunjung sebanyak satu bulan sekali.

Tetapi jika tempat tinggal Wed-Hunters berada di kota yang berbeda dengan orang tua dan mertua, maka bisa merencanakan berkunjung ke rumah setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Karena hal ini juga harus mempertimbangkan banyak hal, baik jarak dan juga kondisi keuangan. Apalagi jika Wed-Hunters dan pasangan bertempat tinggal yang berbeda pulau.

Membatasi Lamanya Kunjungan

Saat Wed-Hunters mengunjungi rumah orang tua maupun mertua juga perlu untuk membatasi lamanya kunjungan. Mengingat bahwa Wed-Hunters juga memiliki kesibukan pekerjaan maupun aktivitas lainnya yang biasanya hanya memiliki waktu luang saat weekend.

Oleh karena itu, jika weekend tiba dan Wed-Hunters berkunjung ke rumah orang tua atau mertua, maka berikan batasan waktu, misalnya 3 hingga 4 jam. Lalu sisanya bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga kecil Wed-Hunters. Dengan cara ini, keluarga Wed-Hunters juga memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama.

Usahakan Untuk Berkunjung saat Masih Pagi

Di saat weekend tentu sejak pagi Wed-Hunters terbebas dari segala aktivitas. Jadi, untuk berkunjung ke rumah orang tua maupun mertua usahakan berangkat di pagi hari. Hal ini lebih baik karena pikiran masih dalam kondisi yang fresh. Sehingga saat bertemu dengan orang tua maupun mertua bisa menjalin komunikasi dan interaksi yang baik.

Berbeda jika Wed-Hunters misalnya berkunjung saat baru pulang kerja. Rasa lelah setelah bekerja akan berpengaruh pada interaksi dan komunikasi yang nantinya akan terjalin. Namun, hal ini bisa disesuaikan dengan waktu luang Wed-Hunters, karena setiap keluarga tentunya memiliki kesibukan masing-masing.

Dengan mengatur waktu untuk berkunjung ke rumah orang tua dan mertua, hal ini merupakan upaya untuk tetap menjalin hubungan yang baik antara orang tua dengan anaknya atau menantunya. Dan selama belum waktunya berkunjung, Wed-Hunters bisa menghubungi orang tua dan mertua melalui telepon atau video call guna menanyakan kabar atau memberikan kabar.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Perlu Diketahui Para Suami, Pro dan Kontra Istri Wanita Karier dan Stay at Home Mom

Dec 08, 2020

Ketika memutuskan berumahtangga, Wed-Hunters tak bisa lagi mengambil keputusan secara sepihak, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan peran Wed-Hunters sebagai suami dan is...

Selengkapnya
Bukan Sekadar Obrolan, Sepenting Apa Pillow Talk untuk Suami-Istri?

Dec 03, 2020

Bagi pasangan suami-istri, aktivitas di ranjang berpengaruh besar terhadap keharmonisan rumah tangga. Berbagai cara bisa Wed-Hunters dan pasangan lakukan untuk membuat hubungan ter...

Selengkapnya
Sudah Mempertimbangkan untuk Punya Keturunan? Berikut List yang Harus Mulai Kamu dan Pasangan Persiapkan

Dec 24, 2020

Kehadiran anak akan menjadi tanggung jawab yang dipikul oleh orang tua sepanjang masa. Maka dari itu, kehadirannya di dunia harus dipersiapkan dengan baik. Wed-Hunters dan pasangan...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id