Hindari Toxic Relationship? Begini Caranya!

May 11, 2021

Hindari Toxic Relationship? Begini Caranya!

Mungkin sudah banyak diantara Wed-Hunters yang tidak lagi asing dengan istilah toxic relationship yang sering digunakan sebagai indikator mengenai hubungan yang kurang sehat diantara dua pasangan. Hubungan yang kurang sehat ini bisa memberikan berbagai dampak buruk bagi yang menjalaninya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghindari toxic relationship agar hubungan yang Wed-Hunters miliki berjalan secara sehat dan juga optimal.

Secara sederhana, toxic relationship dapat dipahami sebagai suatu hubungan tidak sehat yang akan dapat memberikan dampak buruk pada kebahagiaan dan kesehatan mental dari pasangan yang menjalani hubungan tersebut. Meskipun setiap hubungan bisa mengalami pasang-surut, namun toxic relationship pada umumnya akan menguras tenaga bagi orang yang menjalaninya sehingga bukan hanya bisa mengganggu kesehatan fisik namun juga emosionalnya.

Cara menghindari toxic relationship memang tidaklah mudah karena terkadang banyak orang yang justru tidak menyadari bahwa ia telah terjebak dalaam dunia ‘hubungan beracun’ yang bisa memberikan dampak kurang baik pada kondisi kesehatan fisik dan mental yang dimilikinya. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tips yang bisa Wed-Hunters gunakan untuk menghindari hubungan tidak sehat atau yang dikenal dengan sebutan toxic relationship.

Belajar Peka terhadap Sifat Pasangan

Tiap-tiap orang umumnya memiliki karakter yang berbeda-beda dalam membina suatu hubungan. Ada jenis orang-orang yang cenderung akan mendominasi dan juga egois terhadap kondisi pasangannya. Pada umumnya, orang-orang dengan tipe ini cenderung berusaha untuk menunjukkan karakter asli mereka dengan cara mengatur hidup orang lain.

Maka dari itu, sebagai salah satu cara menghindari toxic relationship yang cukup penting untuk dicermati adalah Wed-Hunters harus pandai mencari celah dan memperhatikan sifat pasangan Wed-Hunters. Dengan belajar peka terhadap sifat pasangan, maka Wed-Hunters bisa lebih bijak dalam menentukan sikap.

Bersikap Jujur Kepada Pasangan

Salah satu kunci penting dalam menjalani hubungaan adalah bersikap dan berkata jujur. Kejujuran merupakan salah satu elemen penting yang akan membuat Wed-Hunters dan juga pasangan bisa saling percaya dan bisa menerima satu sama lainnya. Sebaiknya Wed-Hunters harus berusaha untuk selalu jujur terutama di awal hubungan agar tidak menjaadi masalah yang berlarut ketika Wed-Hunters dan pasangan sudah terlanjur jauh melangkah.

Hormati Batasan yang Sudah Disepakati

Cara menghindari toxic relationship yang berikutnya adalah dengan menghormati batasan-batasan yang sudah disepakati untuk bisa memberikan ‘privasi’ pada pasangan. Hal ini termasuk kondisi yang sensitif maka dari itu, Wed-Hunters perlu mengomunikasikannya dengan jujur dan juga rasional kepada pasangan terkait dengan batasan-batasan tersebut.

Sebagai contoh, Wed-Hunters tidak ingin pasangan terlalu mencampuri urusan atau masalah pekerjaan Wed-Hunters. Maka dari itu, Wed-Huntersa perlu berkomunikasi sejak awal dan menjalani batasan tersebut secara konsisten. Pasangan yang memiliki pengertian, tentunya akan menghormati setiap keputusan yang sudah Wed-Hunters buat asalkan tidak memberikan pengaruh buruk pada hubungan Wed-Hunters.

Cara Menghindari Toxic Relationship dengan Mencintai Diri Sendiri

Cara menghindari toxic relationship yang tidak kalah penting untuk dicermati selanjutnya adalah dengan mencintai diri sendiri. Sebelum memutuskan untuk mencintai orang lain, ada baiknya jika terlebih dahulu Wed-Hunters mencintaai diri sendiri. Hal ini bisa mencegah Wed-Hunters terhindar dari budak cinta yang merupakan salah satu akibat dari adanya toxic relationship.

Meminta Saran Orang Terdekat

Walaupun hubungan yang Wed-Hunters bima masih baru, namun tidak ada salahnya jika Wed-Hunters tetap meminta saran dan pendapat dari orang-orang terdekat semisal sahabat ataupun keluarga. Mungkin Wed-Hunters merasa bahwa hubungan yang dijalani adalah baik-baik saja dan terasa menyenangkan. Namun pWed-Huntersngan orang lain bisa saja jauh berbeda karena mereka bisa ‘melihat’ apa yang ada dalam diri Wed-Hunters secara ‘lebih jelas’.

Itulah beberapa cara menghindari toxic relationship yang perlu Wed-Hunters ketahui. Kini dengan berbekal beberapa cara yang telah disampaikan di atas, Wed-Hunters pun bisa menghindari hubungan tidak sehat yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mental.


Bagikan cerita ini

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id