Cara Melaksanakan Pernikahan di Tengah Pandemi

Jun 12, 2020

Virus corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China saat ini memang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia sehingga WHO pun menetapkan kejadian ini sebagai pandemi yang mana dampaknya adalah adanya pembatasan sosial. Dengan ini, maka juga sangat berdampak pada acara pernikahan bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan.

Namun, karena hadirnya tatanan normal yang baru atau biasa kita sebut dengan new normal kali ini, Anda tetap bisa melangsungkan pernikahan Anda, akan tetapi jelas harus menggunakan tata cara yang sesuai dengan protokol kesehatan. Berikut adalah beberapa tips untuk bisa melaksanakan pernikahan di tengah-tengah pandemi :

Kurangi Penggunaan Undangan Fisik

Yang pertama adalah batasi menggunakan undangan fisik yang sering kita gunakan. Dengan menggunakan undangan fisik maka risiko penularannya menjadi lebih mudah sebab undangan berpindah tangan dari satu orang ke orang yang lain. Maka gunakan undangan digital sebagai gantinya sehingga akan lebih aman dari kontak fisik dari orang lain.

Siapkan Tempat Cuci tangan atau Handsanitizer di Depan Gedung Resepsi

Pada saat resepsi tentu saja Anda harus menyiapkan tempat mencuci tangan sebelum tamu masuk. Siapkan juga handsanitizer saat tamu akan mengadakan salaman dengan pengantin serta keluarga pengantin. Atau bahkan lebih baik tidak diadakan salaman agar pencegahannya lebih baik. Sebab belum tentu setelah kita menggunakan handsanitizer tangan kita tidak menyentuh apa-apa lagi.

Atur Tempat Duduk Sedemikian Rupa Sehingga Tamu Duduk dengan Jarak Aman

Pada saat resepsi, atur tempat duduk Anda sedemikian rupa sesuai dengan protokol kesehatan. Berikan jarak minimal 1 meter atau lebih baik 2 meter dari tempat duduk satu ke tempat duduk yang satunya lagi. hal ini untuk mengurangi penularan. Anda bisa menggunakan sistem antar makanan dibandingkan prasmanan sebab tidak membuat perkumpulan yang lebih parah.

Lebih Baik Tidak Menerima Sumbangan dalam Bentuk Fisik

Lebih baik Anda tidak perlu menerima sumbangan berupa uang fisik sebab uang ini bisa jadi perantara virus menular kepada orang lain. Anda bisa memanfaatkan menyumbang dengan cara digital sehingga tidak akan ada sentuhan pada uang fisik. jika Anda menggunakan wedew maka cukup dengan melakukan scan barcode saat di tempat resepsi atau bisa juga dengan transfer melalui angpao digital yang telah disediakan Wedew.

Wajibkan Tamu dan Tim Memakai Masker

Jangan lupa juga ingatkan pengunjung untuk datang menggunakan masker, selain itu tim dan juga pengantin pun harusnya menggunakan masker. Dengan penggunaan masker ini maka penularan akan terjadi lebih sedikit. Jika ada tamu yang tidak menggunakan masker maka beri masker baru.

Jangan Terlalu Banyak Melakukan Interaksi Tatap Muka

Selain itu, jangan terlalu banyak melakukan interaksi dengan bertatap muka. Lalu bagaimana dengan buku tamunya, bukankah harus menanyakan nama ? dengan menggunakan wedew maka tamu akan langsung tercatat. Hanya dengan melakukan scan menggunakan kode QR yang dikirimkan lewat SMS/WhatsApp atau email maka nama pengunjung akan lebih mudah tercatat dengan sistem otomatis.

Kesimpulan dan Penutup

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai tips melaksanakan pernikahan di era pandemi seperti ini, maka Anda akan lebih mudah mengatur pernikahan Anda. Jangan lupa gunakan wedew yang menyediakan undangan dengan menggunakan website, memfasilitasi penerimaan sumbangan secara digital, serta pencatatan pada buku tamu secara otomatis. Semoga informasi tersebut berguna bagi Anda semua dan selamat menempuh hidup baru sebagai pasangan suami istri.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Sistem Angpao Pernikahan Digital dari Wedew

May 15, 2020

Dalam sebuah pernikahan ada satu hal yang tidak bisa dilupakan hal tersebut adalah mengenai angpao pernikahan. Angpao yang diberikan oleh para tamu pernikahan merupakan salah satu...

Selengkapnya
Nikah Saat New Normal, Ini Minus-nya Yang Buat Pengantin Dan Tamu Harus Sabar

Jun 26, 2020

Kehadiran pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara di dunia telah membuat banyak kegiatan terhenti untuk waktu yang cukup lama. Salah satunya adalah pernikahan. Berapa...

Selengkapnya
New Normal, Tunda Nikah Atau Tetap Diselenggarakan?

Jul 03, 2020

Bukan menjadi hal yang mudah bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, tetapi dihadapkan pada dilema akibat adanya pandemi Covid-19. Dilema yang dihadapi ini adalah apakah...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id