Beberapa Tanda Kamu Menjalani Hubungan yang Sehat

Mar 23, 2021

Beberapa Tanda Kamu Menjalani Hubungan yang Sehat

Mempertahankan hubungan bisa jadi hal sulit jika Wed-Hunters berada dalam lingkaran yang tidak sehat. Tidak sedikit pasangan yang memilih mengakhiri hubungan karena tidak menemukan kebahagiaan dalam toxic relationship. Begitu pun sebaliknya. Ketika Wed-Hunters berada dalam hubungan yang sehat, kebahagiaan cenderung lebih mudah didapat. Sebab antara satu sama lain memiliki goal yang sama dan saling memahami. Berikut ini tanda-tanda hubungan yang sehat.

Coba Wed-Hunters cek, apakah hubungan yang dijalani selama ini termasuk ke dalam kriteria hubungan yang sehat atau justru toxic relationship.

Saling Terbuka

Hubungan yang sehat bisa ditandai dengan pasangan yang menjalin komunikasi dengan baik sehingga saling terbuka satu sama lain. Hal ini ditandai dengan rasa nyaman antara satu sama lain dan saling berkata jujur. Mulai dari pembahasan soal pekerjaan, perasaan, keuangan, hingga kegagalan. Dalam menyelesaikan permasalahan pun, pasangan yang saling terbuka cenderung mendengarkan tanpa menghakimi terlebih dahulu.

Adanya Rasa Saling Percaya

Selain keterbukaan, hubungan yang baik juga ditandai dengan rasa saling percaya. Dengan adanya rasa saling percaya, Wed-Hunters akan lebih nyaman dalam menjalani hubungan. Bahkan, sekalipun Wed-Hunters harus menjalani hubungan jarak jauh, kepercayaan ini pula yang menjadi modal utamanya. Biasanya rasa percaya dalam sebuah hubungan akan muncul ketika pasangan berperilaku baik dan bisa mengerti satu sama lain.

Tidak Mempermasalahkan Masa Lalu

Setiap orang memiliki masa lalu, entah baik ataupun buruk. Hubungan yang sehat tidak akan mempermasalahkan masa lalu pasangannya. Sebab satu sama lain saling menyadari, bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Ketika Wed-Hunters menjalin hubungan dengan seseorang, berarti Wed-Hunters juga harus menerima sisi baik dan buruknya, termasuk masa lalunya.

Saling Menghargai Hal Kecil yang Dilakukan

Tanda hubungan yang sehat berikutnya adalah saling menghargai hal kecil yang dilakukan oleh pasangan. Sekecil apapun perhatian yang diberikan, Wed-Hunters bisa menghargainya. Begitu pula sebaliknya. Karena terkadang, hal-hal kecil itulah yang menumbuhkan kebahagiaan antara satu sama lain.

Masih Saling Menjaga Meski Sedang Marahan

Menjalani sebuah hubungan pasti ada pasang surutnya. Nah, hubungan yang sehat adalah ketika marahan, Wed-Hunters ataupun pasangan masih saling menjaga satu sama lain. Dalam kondisi marahan, pasangan yang menjalani hubungan sehat cenderung menghindari hal-hal yang bisa menyakiti pasangannya dan membuat hubungan berakhir.

Bahkan, sekalipun harus berdebat untuk menyelesaikan masalah, pasangan yang punya hubungan sehat akan berdebat dengan sehat pula. Artinya, mereka akan menyikapi masalah secara dewasa dan dengan kepala dingin.

Menghormati Privasi Satu Sama Lain

Tidak semua persoalan harus diumbar dan jadi konsumsi banyak orang. Terkadang, seseorang yang menjalin hubungan pun butuh privasi. Bahkan ketika Wed-Hunters menghadapi masalah dengan pasangan pun, tidak seharusnya hal tersebut diumbar ke ranah publik. Selain itu, pasangan yang bisa menghormati privasi satu sama lain juga jadi tanda bahwa hubungan tersebut berjalan dengan sehat.

Punya Waktu untuk Sendiri

Tanda jika Wed-Hunters menjalani hubungan yang sehat adalah memiliki waktu untuk sendiri. Meski menjalin hubungan, Wed-Hunters tidak harus berada dengan pasangan selama 24/7 bukan? Sebuah hubungan dikatakan sehat ketika Wed-Hunters maupun pasangan bisa membagi waktu dengan baik antara tujuan hidup, teman, dan pasangan tanpa harus menimbulkan perdebatan.

Dengan menjalin hubungan yang sehat, Wed-Hunters bisa mendapatkan kebahagiaan secara mental pula. Selain itu, pasangan cenderung mendukung satu sama lain selama yang dilakukan tidak melewati batasan. Jadi, apakah hubungan Wed-Hunters sudah masuk kategori sehat atau belum?


Bagikan cerita ini

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id