Alasan Kenapa Harus Memiliki Rasa PD dalam Hubungan

16 November 2022

Alasan Kenapa Harus Memiliki Rasa PD dalam Hubungan

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup seorang diri. Karena itulah dibutuhkan bagi setiap individu untuk dapat menjalin hubungan antar sesamanya. Walau begitu, hubungan ini terkadang tidak selalu berjalan mulus. Seringkali manusia pesimis dengan hubungannya bersama orang lain. Karena itulah dibutuhkan rasa percaya diri dalam hubungan.

Hubungan sesama manusia bisa berarti apa pun, entah itu sebagai pasangan, keluarga, sahabat, ataupun sejenisnya. Situasi ini tercipta karena adanya komunikasi antara dua insan berbeda. Dengan adanya komunikasi ini, memungkinkan terjadinya problematik juga di tiap individu. Tetapi, berkat itu juga hubungan bisa terjalin. Bagaimana dengan Wed-Hunters? Apakah kalian pernah terlibat atau justru berada dalam situasi rumit mengenai hubungan antar manusia?

Untuk menjalin hubungan yang nyaman dan tenteram, diperlukan juga beberapa poin untuk diketahui. Salah satu halnya adalah mengenai rasa percaya diri yang harus ditanamkan dalam hati, terutama pada pasangan. Bukan tanpa alasan, rasa percaya diri dalam hubungan akan memberikan sebuah kesan yang lebih kuat bersama pasangan. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa rasa percaya diri itu menjadi penting dalam sebuah hubungan.

pexels-cottonbro-studio-6318283.jpg

Merasa Nyaman dan Tenang Menjadi Diri Sendiri

Alasan kuat pertama adalah menjadikan kamu lebih tenang untuk menjadi diri sendiri. Dengan bertopang pada rasa percaya diri, artinya kamu tidak akan ragu menunjukkan siapa dirimu. Menjadi sosok yang apa adanya juga akan membuat hubungan lebih terbuka. Dengan begitu, pasangan bisa mengetahui benar-benar siapa dirimu. Tanpa rasa percaya diri, kamu akan lebih khawatir terhadap setiap langkah yang dilakukan. Belum lagi kamu akan lebih mudah terpengaruh oleh orang lain nantinya.

pexels-cottonbro-studio-7507963.jpg

Percaya Diri dalam Hubungan Bersama Pasangan

Tidak salah, sikap percaya diri dalam hubungan juga berpengaruh terhadap kepercayaan satu sama lain. Lebih tepatnya, ketika Wed-Hunters berhasil percaya kepada pasangan, maka timbul pula rasa aman yang merupakan dampak dari kepercayaan diri. Semakin percaya dengan pasangan, maka semakin tenang juga perasaan yang dimiliki. Begitu pun sebaliknya.

Lain halnya jika Wed-Hunters memiliki tingkat confidence yang rendah. Rasa percaya diri yang rendah hanya akan membuat diri sendiri menjadi was-was dan berujung pada rasa curiga terhadap pasangan. Semakin besar kecurigaannya, semakin tidak aman pula situasi hati nanti karena akan dipenuhi kecemasan. Akhirnya, akan muncul pertanyaan soal niat atau keseriusan dari pasangan yang bisa berakibat pada toxic relationship.

pexels-gustavo-fring-4148953.jpg

Terhindar dari Hubungan Toxic

Hubungan toxic atau toxic relationship adalah hubungan tidak sehat yang akan mengakibatkan kedua belah pihak merasa tidak nyaman, bahkan cenderung terganggu. Ketika Wed-Hunters memiliki sifat percaya diri dalam hubungan, umumnya otak akan menjadi lebih mudah dalam membedakan hubungan sehat dan tidak sehat. Berbeda jika apabila memiliki tingkat percaya diri rendah yang bisa saja malah menjadi mudah untuk dimanipulasi oleh pasangan.

pexels-cup-of-couple-6962652.jpg

Pikiran Lebih Tenang

Poin terakhir adalah menjadikan otak lebih tenang. Sikap percaya diri akan membuat otak berhenti untuk memikirkan hal-hal tidak penting. Kebanyakan kasus overthinking pada hubungan biasanya terjadi karena tidak memiliki rasa percaya diri. Kondisi ini mengakibatkan adanya perasaan curiga dan prasangka buruk terhadap pasangan. Tentu saja hal ini bisa berakhir pada keributan hingga pengekangan. Belum lagi masalahnya justru menumpuk di otak dan membuatnya terbebani.

Itulah penjelasan tentang alasan kenapa kamu harus miliki rasa percaya diri dalam hubungan. Poin di atas juga bisa berlaku ke siapa pun, jadi tidak hanya sebatas pasangan saja. Perbedaannya terletak pada masalah dan situasi yang ada di sekitar hubungan tersebut. Jadi, buatlah dirimu percaya diri sebelum memulai hubungan agar senantiasa damai dan tenteram.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

4 Alasan Oversharing Hubungan Itu Kurang Baik

07 September 2022

Oversharing hubungan di medsos nyatanya bisa memberikan dampak yang buruk bagi Wed-Hunters. Seperti yang diketahui, di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, seringka...

Selengkapnya
Ketahui 3 Bukti Bahwa Break Tidak Baik untuk Hubungan

27 Desember 2021

Hey hey Wed-Hunters, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata break iya kan? ya emang pada dasarnya istilah break ini sering kali di pakai orang yang menjalin hubungan. Pengen t...

Selengkapnya
Lebaran Pertama Jadi Pasutri? Jangan Lupakan Ini

27 April 2022

Puasa sebulan penuh sepertinya terbayar dengan datangnya hari raya Idul Fitri. Tentunya momen bahagia ini paling berkesan jika dibagikan kepada orang-orang terkasih. Apalagi untuk...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id