6 Tips Hemat Biaya Pernikahan

07 Februari 2020

6 Tips Hemat Biaya Pernikahan

Kalau Anda dan kekasih sudah siap melanjutkan ke jenjang selanjutnya, Anda bisa menyimak tips hemat biaya pernikahan ini. Sekarang, biaya pernikahan semakin mahal. Tapi, masalah ongkos bisa diakali. Bagaimana caranya mengadakan pernikahan yang hemat tetapi tetap romantis? Simak artikel berikut.

1. Menghemat biaya undangan

Undangan memang sangat penting. Tetapi, mendesain dan mencetak undangan memakan biaya yang tidak sedikit.

Namun demikian, sekarang Anda bisa membuat sendiri undangan pernikahan yang cantik. Bahkan tanpa kemampuan desain, lho! Banyak situs desain grafis yang gratis seperti Canva. Anda tinggal memilih template undangan dan memasukkan foto serta informasi tentang acara Anda. Kemudian dicetak sendiri di kios digital printing.

Alternatif lain adalah undangan digital. Undangan ini dapat berupa file gambar atau bahkan video. Sedangkan pembagiannya melalui media sosial atau email. Tidak perlu memakan biaya, bukan?

2. Membatasi jumlah tamu

Tentu saja kita ingin semua keluarga dan teman menghadiri hari spesial kita. Semakin banyak tamu yang diundang, semakin besar pula biaya percetakan undangan, sewa tempat, dan katering.

Untuk menghemat biaya, Anda cukup mengundang anggota keluarga dan teman yang dekat saja. Di luar itu, Anda bisa merayakan pernikahan di tempat lain seperti restoran untuk orang-orang yang tidak diundang.

3. Menyewa pakaian pengantin

Banyak pasangan yang ingin menjahitkan baju spesial untuk hari spesial mereka. Namun, sayang sekali bukan jika menjahitkan baju yang mahal untuk dipakai hanya satu kali seumur hidup? Jauh lebih hemat untuk menyewa baju pengantin saja. Pilihan baju di rental pun tidak kalah cantik kok.

4. Make up sendiri

Jika Anda suka berhias, mengapa tidak make up sendiri saja? Bahkan Kate Middleton saja menggunakan tips hemat biaya pernikahan ini. Ia merias wajahnya sendiri lho untuk pernikahannya dengan Pangeran William. Cara lain adalah meminta jasa teman atau keluarga yang jago make up. Biasanya, orang dekat akan lebih memahami hal keterbatasan biaya.

5. Meminta bantuan orang dekat

Masih ada hubungannya dengan trik sebelumnya, biasanya menggunakan jasa orang dekat lebih hemat. Jika ada teman dan keluarga yang punya keahlian untuk mengisi acara, mengapa tidak minta tolong mereka?

Misalnya, Anda bisa meminta bantuan sahabat Anda dan pasangan yang ahli dalam bidang public speaking untuk menjadi MC. Karena sudah dekat, suasana juga akan menjadi lebih cair karena sahabat tentunya mengenal baik Anda dan kisah asmara Anda.

Selain itu, Anda bisa meminta anggota keluarga Anda yang pandai menyanyi untuk mengisi acara sekaligus unjuk kemampuan. Tidak cuma menghemat biaya saja, acara pernikahan akan lebih seru dengan lagu-lagu kesukaan Anda dan keluarga.

6. Memilih lokasi outdoor

Sewa lokasi bisa memakan biaya yang mahal. Jadi, mengapa tidak menggunakan venue outdoor? Sekarang ini sudah banyak tempat pernikahan outdoor yang cantik tetapi biayanya terjangkau, apalagi di kota-kota besar.

Menggunakan lokasi di ruangan terbuka juga menghemat biaya karena tidak perlu banyak dekorasi. Apalagi jika Anda menyewa venue outdoor yang cantik. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan resepsi di pagi hari supaya semakin hemat. Jadi, tidak perlu merogoh kocek untuk biaya pencahayaan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk pernikahan yang hemat tapi tetap istimewa. Siapa tahu setelah ini Anda bisa mengembangkan tips hemat biaya pernikahan ala Anda sendiri.

Demikianlah elemen-elemen penting dari acara pernikahan. Semoga bisa membantu Anda merencanakan semua hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Solusi Membuat Undangan Personalisasi Menggunakan WhatsApp

23 Agustus 2019

Kemajuan teknologi digital semakin menjadikan tren dalam kehidupan masyarakat mulai bergeser dengan cara meninggalkan semua perangkat fisik untuk beralih memakai perangkat digital....

Selengkapnya
Tips Membuat Undangan Digital

18 Oktober 2019

Untuk anda yang akan membuat undangan pernikahan, maka kami akan memberikan beberapa tips penting dan menguntungkan bagi anda. Apa saja tips tersebut? Berikut ini adalah ulasannya....

Selengkapnya
Tips Pilih Jasa Pembuatan Undangan Web Pernikahan

24 Januari 2024

Undangan pernikahan merupakan bagian penting dari persiapan pernikahan. Dalam era teknologi saat ini, banyak pasangan memilih undangan digital atau yang dikenal sebagai undangan we...

Selengkapnya

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang