6 Ide Mahar yang Anti Mainstream di Momen Pernikahan

Apr 24, 2020

6 Ide Mahar yang Anti Mainstream di Momen Pernikahan

Menikah menjadi hal yang sangat sakral untuk hidup seseorang. Kebanyakan orang akan mempersiapkannya dengan baik karena menikah dengan harapan sekali seumur hidup dan untuk menyempurnakan agama. Momen menikah menjadi berkesan karena berucap janji setia di hadapan Tuhan.

Hal yang paling utama adalah menentukan mahar untuk diberikan kepada seseorang yang dicintainya yaitu mempelai wanita. Selain, mengetahui aturan dan larangan dalam mengirim undangan pernikahan (fisik maupun digital). Mahar adalah sesuatu yang utama dalam memasuki bahtera rumah tangga. Sebenarnya untuk mahar sendiri, tidak diharuskan mahal tetapi lebih kepada tidak memberatkan untuk mempelai pria.

Biasanya orang akan lebih fokus mahar dalam bentuk emas atau uang, tapi jika kamu menginginkan hal yang berbeda, juga tak jadi masalah. Tetapi tips ketika memilih dan menentukan mahar untuk pernikahan kalian sebaiknya disesuaikan dengan budget yang anda miliki. Jangan lupa untuk tetap membicarakan hal itu dengan pihak perempuan. Karena ada beberapa kasus perempuan akan langsung menentukan mahar yang seperti apa yang diinginkan tetapi jika calon pasangan kalian itu tergantung kalian, memberikannya sesuatu yang mengejutkan dan berkesan akan jadi keputusan yang bijak.

Biasanya ketika memilih mahar juga akan dikaitkan atau dihubungkan dengan konsep atau visi misi pasangan, karena mahar adalah benda yang akan mempunyai makna tersendiri untuk setiap pasangan yang akan menikah. Selain memastikan konsep mahar dan apa maharnya, juga sudah harus menentukan undangan pernikahan, kira-kira kamu lebih pilih undangan fisik atau undangan digital?

Ada 6 bentuk ide mahar yang anti mainstream untuk kamu yang akan menikah:

Membuat lukisan wajah dengan uang koin

Terkadang kamu menginginkan mahar yang bisa kamu simpan dan membuat kamu selalu mengenang masa di mana kamu berucap janji untuk membahagiakan pasangan kamu. Kamu masih bisa menyertakan mahar dalam bentuk uang tetapi menggunakan uang koin. Biasanya sekarang ada banyak jasa yang menawarkan lukisan atau sketsa wajah dengan menggunakan aneka benda sebagai alat untuk membuatnya.

Kamu bisa memesan dengan menggunakan uang koin untuk membuat lukisan kamu dan pasangan kamu. Ada banyak jasa yang bisa kamu temukan di Internet.

Menulis puisi sebagai mahar tambahan

Hal lain yang bisa kamu lakukan selain memberikan mahar berupa uang atau emas, kamu bisa menambahkan mahar berupa puisi dalam bentuk buku yang sudah kamu tulis sendiri. Ini akan sangat berkesan untuk kamu dan pasangan kamu loh. Kamu bisa menuliskan cerita sejak pertama kali bertemu hingga akhirnya memutuskan untuk menikah.

Membacakan surah Ar.Rahman

Bagi umat islam, mahar yang tidak ternilai adalah ketika calon suami membacakan surah Ar.Rahman sebagai mahar. Ini adalah mahar terindah, menikah bukan hanya soal materi tetapi juga bagaimana kesiapan dan berusaha untuk membangun rumah tangga sampai akhir hayat yang diberkahi Allah.

Ingat, mahar bukan hanya berupa barang berharga atau uang. Itu tidak akan menjamin sebuah pernikahan yang kamu impikan kedepannya. Oleh karena itu membacakan surah Ar.Rahman adalah mahar terindah untuk pasangan kamu.

Memberikan hewan ternak

Mahar tidak selalu benda tetapi juga bisa makhluk hidup seperti hewan ternak misalnya sapi, kambing, kuda atau lainnya. Ini juga akan membantu kalian kedepannya loh.

Perhiasan yang unik

Selain mahar-mahar yang sudah disebutkan diatas, kamu juga bisa menyiapkan mahar dalam bentuk perhiasan yang unik. Kamu bisa menuliskan inisial nama kamu dan pasangan kamu atau langsung menulis nama kalian.

Memberikan novel tentang perjalanan cinta kalian

Selanjutnya ide mahar lainnya, kamu bisa menulis cerita atau perjalanan yang sudah kalian lewati. Bagaimana awal mula kalian bertemu, apa saja yang sudah terjadi dan sebagainya. Ini akan jadi momen yang berkesan juga loh untuk pasangan kamu.


Bagikan cerita ini


Artikel Terkait

Macam-Macam Kado Pernikahan yang Bagus dan Unik

Mar 13, 2020

Saat ini dapat dibilang mempersiapkan pernikahan memang tidak sesulit dahulu. Ada cukup banyak kemudahan sekarang ini dalam mengatur acara pernikahan misalnya seperti membuat undan...

Selengkapnya
Tips Membuat Undangan Pernikahan yang Berkesan

Apr 17, 2020

Menikah adalah momen berucap janji untuk menikah satu kali seumur hidup, ketika menikah hal pertama yang tidak kalah pentingnya adalah membuat undangan pernikahan. Undangan pernika...

Selengkapnya
Bingung Mencari Ide Suvenir Pernikahan untuk Tamu? Cari Inspirasinya di Sini!

Apr 03, 2020

Seiring dengan berjalannya waktu, jenis barang yang disediakan sebagai suvenir pernikahan untuk tamu sudah berkembang menjadi sangat bervariasi. Jadi, suvenir seperti kipas tangan,...

Selengkapnya

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id