Rangkaian Pernikahan Adat Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

11 Januari 2023

Rangkaian Pernikahan Adat Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Pernikahan tentu menjadi sebuah acara sakral yang mana ingin sekali rasanya untuk dilakukan sekali dalam seumur hidup. Sehingga prosesi acara pernikahan tentu harus sesuai dengan impian dan juga adat di wilayah sekitar. Termasuk juga jika Wed-Hunters ingin mengadakan acara pernikahan adat jawa yang mana setiap prosesinya bertabur ritual yang menarik.

Tentunya melakukan pernikahan dengan menggunakan adat jawa dapat menjadi sebuah ide yang menarik untuk konsep pernikahan yang di pilih. Banyak orang yang menjadikannya sebagai sebuah pilihan tepat untuk membuat acara jauh lebih sacral pastinya. Wed-Hunters juga bisa menjadikannya sebagai pilihan konsep pernikahan yang tepat untuk di jalankan pastinya.

Namun memang penting agar dalam pelaksanaannya para Wed-Hunters untuk bisa menyimak apa saja rangkaian acara yang harus di lewati. Dengan begitu prosesi pernikahan dengan adat jawa bisa berlangsung dengan sangat lancar. Simaklah informasi berikut mengenai apa saja rangkaian acara dari pernikahan yang menggunakan adat jawa khusus untuk para Wed-Hunters.

Berikut adalah Segala Rangkaian Acara Pernikahan Adat Jawa yang Harus Wed-Hunters Ketahui

Majang jadi rangkaian acara pernikahan adat Jawa yang pertama

Tentunya majang sendiri dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai kosa kata dari menghias atau berhias. Jadi dalam hal ini pengantin di wajibkan untuk menghias dirinya sesuai dengan adat Jawa yang ada. Bahkan majang sendiri bukan hanya pengantin saja yang perlu di hias namun juga rumah dan tempat acara pernikahan yang akan di adakan ya Wed-Hunters.

Cethik Geni jadi salah satu hal penting

Cethik Geni artinya adalah menyalakan api untuk melakukan aktivitas menanak nasi yang dilakukan dengan skala besar. Biasanya di beberapa wilayah di sebut sebagai adang atau pungkasan dalam acara pernikahan. Tentunya orang yang memiliki hajat perlu menyiapkan konsumsi dalam jumlah yang besar agar cukup untuk para tamu undangan.

Siraman jadi salah satu rangkaian acaranya

Tentunya Wed-Hunters perlu tahu bahwa dalam adat Jawa sendiri ada yang namanya siraman dan ini jadi salah satu bagian dari acara pernikahan. Siraman sendiri di laksanakan beberapa hari sebelum acara pernikahan berlangsung. Dalam tradisi Jawa tentunya siraman biasa di kenal dengan adus kembang yang mana air sudah di campurkan dengan bunga 7 rupa.

Midodareni jadi rangkaian acara selanjutnya

Setelah itu ada yang namanya Midodareni yang mana ini merupakan acara doa bersama atau pengajian sebelum akad berlangsung. Biasanya Midodareni dilakukan oleh masing masing keluarga mempelai untuk mengharapkan kelancaran acara.

Ijab kobul jadi salah satu deretan rangakaian acara

Tentunya pada acara puncak ada yang namanya ijab qobul yang mana ini merupakan acara sakral bagi mempelai. Setelah ijab qobul selesai dilaksanakan maka mempelai akan resmi menjadi sepasang suami istri.

Masuk pada acara Panggih

Setelah ijab qobul selesai dilaksanakan maka kedua mempelai akan di pertemukan dan dalam rangkaian ini ada beberapa hal yang dilaksanakan. Mulai dari lorong kembang Mayang hingga sungkeman ya Wed-Hunters.

Selain itu dalam Panggih ini pengantin wanita juga akan mencuci kaki pengantin pria hingga meminum degan bersama sama.

Itulah sederet rangkaian acara pernikahan adat Jawa yang harus Wed-Hunters ketahui secara seksama, semoga membantu. Semoga dengan ini Wed-Hunters bisa menemukan informasi yang tepat mengenai adat jawa dalam pernikahan.


Bagikan cerita ini

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang