Mengenal Lebih Dalam tentang Hari Perempuan Internasional

08 Maret 2023

Mengenal Lebih Dalam tentang Hari Perempuan Internasional

Tanggal 8 Maret tentu saja dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional dalam setiap tahunnya. Hari Perempuan Internasional adalah sebuah hari di mana dunia menghormati pencapaian perempuan dan mempromosikan hak-hak sebagai seorang perempuan. Di tanggal tersebut, beberapa negara bahkan Indonesia sendiri menetapkannya sebagai hari libur nasional. Tujuan di adakannya Hari Perempuan Internasional yaitu untuk memberikan perhatian terhadap masalah sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang di hadapi perempuan. Peringatan tersebut juga di lakukan untuk mengadvokasi kemajuan perempuan di semua bidang tersebut. Hari Perempuan Internasional juga mempunyai sejarah panjang dalam peringatannya.

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional ini ternyata di mulai sejak awal 1900-an. Di tahun-tahun ini masa kesusahan besar serta perdebatan kritis terjadi di antara banyaknya perempuan. Seperti apa sejarah Hari Perempuan Internasional yang selalu di rayakan ini?

Dimulai sejak Aksi New York City

Hari Perempuan Internasional berawal pada tanggal 8 Maret 1908. Di mana pada kala itu 15.000 perempuan melakukan aksi di New York City menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik dan hak suara.

Setahun selanjutnya, Partai Sosialis Amerika mendeklarasikan tanggal 28 Februari sebagai Hari Perempuan Nasional pertama yang ada di negara Amerika. Hari Perempuan Nasional ini terus menerus di rayakan hingga Minggu terakhir Februari hingga 1913.

Didukung PBB

Menjelang Perang Dunia I yang terjadi kampanye perdamaian, perempuan Rusia merayakan Hari Perempuan Internasional pertama mereka. Bahkan mereka semua nih Wed-Hunters menandai hari itu dengan melakukan pemogokan untuk memprotes kekurangan makanan, kondisi kehidupan yang buruk, dan Perang Dunia I. Setelah diskusi, Hari Perempuan Internasional di sepakati sebagai perayaan dalam setiap tahun pada tanggal 8 Maret. Pada tahun 1914 silam, lebih banyak perempuan di seluruh Eropa mengadakan aksi unjuk rasa untuk melakukan berkampanye melawan perang dan untuk mengekspresikan solidaritas wanita.

Penggerak Wanita di Seluruh Dunia

Sedangkan pada tahun 2001 situs internationalwomensday.com di luncurkan dengan langkah khusus untuk lebih menghidupkan kembali Hari Perempuan Internasional. Situs tersebut bahkan di gunakan untuk merayakan dan memperlihatkan pencapaian perempuan sambil melanjutkan seruan untuk mempercepat kesetaraan gender. Tahun 2011 silam menjadi salah satu peringatan 100 tahun Hari Perempuan Internasional dengan acara pertama. Yang mana telah di adakan tepat 100 tahun yang lalu pada tahun 1911 silam di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Sampai detik ini, Hari Perempuan Internasional masih saja di rayakan dengan penuh semangat oleh para perempuan di seluruh dunia. Jaringan global dengan kegiatan kegiatan lokal yang kaya dan beragam menghubungkan perempuan dari seluruh dunia untuk dapat memperjuangkan kesetaraannya.

Hari Perempuan International

Hari Perempuan Internasional sudah menjadi salah satu hari libur nasional di beberapa negara. Di lansir dari BBC, di Rusia, penjualan bunga juga berlipat ganda selama tiga atau empat hari sekitar tanggal 8 Maret. Di negeri China, bahkan banyak perempuan di beri cuti setengah hari pada tanggal 8 Maret. Sebagaimana yang telah di sarankan oleh Dewan Negara, meskipun banyak dari para pemilik usaha tidak selalu memberikan setengah hari kerja kepada karyawan perempuan mereka. Di negeri Italia, Hari Perempuan Internasional, atau la Festa della Donna, di rayakan dengan pemberian mimosa blossom pada masing-masing perempuan. Di AS, bulan Maret menjadi salah satu Bulan Sejarah Wanita (Women's History Month). Seperti itu kiranya sejarah Hari Perempuan Internasional. Semoga bermanfaat ya sahabat!!


Bagikan cerita ini

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang