Ingin Mulai Menabung dengan Pasangan untuk Menikah? Mulai Langkah-Langkah Ini

18 Januari 2023

Ingin Mulai Menabung dengan Pasangan untuk Menikah? Mulai Langkah-Langkah Ini

Bagi para lajang, pertanyaan “kapan nikah?” ialah momok no 1 yang biasanya banyak dihindari. Padahal, banyak alasan yang masuk akal mengapa seseorang tidak menikah meski usianya sudah semakin tua, salah satunya adalah masalah materi. Maka dari itu mulai menabung adalah usaha yang tepat.

Sebuah rumah tangga tentunya membutuhkan banyak biaya untuk memenuhi berbagai kebutuhan, begitu juga dengan penyelenggaraan resepsi pernikahan. Jadi, tidak salah jika burung lovebird yang sedang kasmaran berkomitmen untuk mempersiapkan modal pernikahan bersama.

Pernahkah terlintas di benak Wed-Hunters untuk mengumpulkan uang bersama pasangan untuk mempersiapkan biaya pernikahan? Jika ya, kamu perlu mengetahui beberapa tips mulai menabung berikut untuk menabung bersama pasangan.

Mulailah dengan Diskusi untuk Mulai Menabung

Hal pertama yang harus dilakukan agar tips menabung bersama ini bisa berjalan lancar adalah diskusi. Ya, keputusan untuk atau tidak tergantung pada hasil dialog antara kamu dan pasangan. Jangan pernah mengambil keputusan sendiri, lalu paksakan pasangan kamu untuk menuruti keputusan tersebut. Jika kamu melakukannya, itu bahkan bisa merusak keharmonisan kamu.

Diskusi merupakan hal yang penting di lakukan agar setiap individu dapat mengemukakan pendapatnya, sehingga nantinya dapat di peroleh titik temu yang dapat disepakati bersama. Katakanlah kamu dan pasangan bersedia mulai menabung bersama, maka proses diskusi tidak berhenti sampai di situ.

Selanjutnya, kamu dan pasangan harus menentukan konsep pernikahan seperti apa yang kamu inginkan, siapa saja yang di undang, dan detail lainnya. Hal ini nantinya akan mempengaruhi jumlah dana yang harus di tabung setiap bulannya.

Buat Rekening bersama Khusus

Untuk menabung dengan pasangan Wed-Hunters memerlukan rekening bersama khusus, untuk mencegah pencampuran uang pribadi dan bersama. Bisa di bayangkan, saat mencoba tips mulai menabung bersama, namun menggunakan rekening pribadi—entah milik kamu atau milik pasangan, akan sulit membedakan mana dana pribadi dan mana dana bersama, sekalipun ada pencatatannya.

Idealnya, tabungan bersama harus di simpan di rekening baru yang dibuat bersama. Saat ini, proses pembukaan rekening baru tidaklah sulit. Kamu dapat pergi ke kantor bank terdekat, atau bahkan melakukannya secara online.

Tentukan Jumlah Setoran Setiap Bulan

Jika akun sudah di buat, kamu dan pasangan bisa langsung mengisinya sesuai kesepakatan—baik harian, mingguan, maupun bulanan. Untuk jumlah deposit, tergantung keputusan akhir antara kamu dan pasangan. Asalkan dalam menjalankan tips mulai menabung ini tidak ada pihak yang merasa di rugikan, maka besaran setoran bisa berbeda-beda. Jika kamu masing-masing ingin menyetor jumlah yang sama, tidak apa-apa. Selain itu, kamu tidak perlu terlalu sering mengecek saldo. Nanti ketika saatnya tiba, kamu akan tahu sendiri dan kamu tidak akan berpikir bahwa tabungan kamu telah terkumpul sebanyak itu.

Jalani Hidup Hemat

Kegiatan mulai menabung tanpa di barengi dengan kebiasaan hidup hemat tidak akan berpengaruh signifikan terhadap jumlah dana yang terkumpul. Maka dari itu, agar tabungan untuk modal nikah cepat terkumpul, kamu bisa mulai mengubah kebiasaan dan hidup lebih hemat.

Untuk melengkapi tips menabung ini bersama pasangan, kamu bisa memulai usaha sampingan bersama. Hal ini penting di lakukan jika kamu dan pasangan memiliki banyak kebutuhan yang harus segera di penuhi.

Itulah beberapa tips mulai menabung harian, mingguan, dan bulanan yang bisa Wed-Hunters lakukan bersama pasangan guna mempersiapkan modal untuk melanjutkan ke jenjang hubungan yang lebih serius, yaitu menikah dan kemudian membangun bahtera rumah tangga. Silahkan mendaftar, dan semoga semuanya berjalan lancar.


Bagikan cerita ini

Tunggu apa lagi? Miliki sekarang juga!

Daftar Sekarang