7 Tips yang Bisa Wed-Hunters Mulai Siapkan untuk Idul Fitri di Rumah

May 06, 2021

7 Tips yang Bisa Wed-Hunters Mulai Siapkan untuk Idul Fitri di Rumah

Idul Fitri atau juga biasa dikenal dengan istilah lebaran sudah seperti menjadi budaya tersendiri setiap tahunnya bagi masyarakat pemeluk agama Islam yang tinggal di Indonesia. Idul Fitri menjadi puncak selebrasi dan juga bentuk dari rasa syukur karena selama sebulan penuh berhasil menahan berbagai bentuk hawa nafsu yang ada ketika menjalankan ibadah puasa. Idul Fitri seringkali menjadi momen yang dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan juga sanak saudara yang tinggal pada tempat yang cukup jauh. Momen ini menjadi saat berkumpul kembali dan juga membangun tali silaturahmi yang mungkin sempat renggang karena kesibukan yang dimiliki masing-masing individu.

Momentum Idul Fitri tentu saja tidak dapat begitu saja dilewatkan. Terdapat berbagai macam bentuk persiapan yang dapat dilakukan selama berada di rumah. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang masih belum memungkinkan untuk bepergian ke tempat yang jauh atau juga berkumpul dengan jumlah orang yang cukup banyak. Momen Idul Fitri pada tahun ini mungkin hanya dapat dihabiskan di rumah saja, berbeda dengan 2 tahun sebelumnya. Namun, hal ini bukan menjadi halangan untuk tetap dapat membangun suasana Idul Fitri yang syahdu seperti sebelumnya.

Kebersamaan keluarga akan selalu penting untuk dijaga dengan baik. Maka dari itu, berbagai tips dapat Wed-Hunters lakukan selama di rumah sebagai bentuk persiapan menyambut Idul Fitri. Berikut ini terdapat 7 tips yang dapat Web-Hunters mulai untuk siapkan dalam menyambut salah satu hari yang suci ini di rumah:

pexels-monstera-5996924.jpgPhoto Cred: pexels.com

Menghabiskan Waktu yang Berkualitas Bersama dengan Keluarga

Idul Fitri dapat dijadikan sebagai momen untuk merekatkan kembali hubungan antar anggota keluarga, terutama keluarga yang cukup sibuk dengan kegiatannya sehari-hari. Maka dari itu, Idul Fitri dapat dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan hal ini. Berbagai kegiatan dapat dilakukan secara bersama, misalnya seperti memasak atau juga membersihkan seisi rumah.

pexels-nathan-cowley-713297.jpgPhoto Cred: pexels.com

Membersihkan Rumah Secara Bersamaan Secara Menyeluruh

Pada tahun-tahun sebelumnya, persiapan untuk membersihkan rumah sudah seperti menjadi ritual utama dalam rangkaian perayaan Idul Fitri bersama keluarga. Membersihkan rumah ini menjadi persiapan untuk menerima kedatangan dari para tamu yang berkunjung untuk bersilaturahmi. Meskipun pada keadaan pandemi seperti saat ini masih belum memungkinkan untuk melakukan kunjungan ke keluarga lain, namun membersihkan rumah dapat menjadi simbolisasi akan bersihnya diri pada hari yang suci tersebut.

pexels-rodnae-productions-7249190.jpgPhoto Cred: pexels.com

Membuat Dekorasi Rumah yang Kental dengan Suasana Idul Fitri

Salah satu cara untuk membangun suasana yang kental dengan perayaan Idul Fitri yaitu dengan memberikan dekorasi serupa pada rumah. Dekorasi ini dapat berupa penyediaan kue-kue kering atau juga mengecat kembali seluruh rumah. Meskipun Idul Fitri akan hanya dihabiskan di rumah saja, membangun suasana Idul Fitri tetap dapat menjadi salah satu cara untuk merayakannya.

5ec4dcee1cd77.jpgPhoto Cred: kompas.com

Mempersiapkan Masakan Khas Idul Fitri Bersama

Makanan merupakan bagian penting dalam perayaan Idul Fitri. Memasak berbagai macam jenis makanan yang identik dengan perayaan Idul Fitri bersama dengan keluarga juga dapat membantu untuk meningkatkan kedekatan. Selain itu, Idul Fitri merupakan waktu yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai momen untuk lebih menikmati berbagai makanan tersebut.

pexels-liza-summer-6347600.jpgPhoto Cred: pexels.com

Mempersiapkan Baju Baru yang Menjadi Tradisi Lebaran

Membeli baju baru yang akan dikenakan saat hari Idul Fitri tiba sudah seperti menjadi hal wajib untuk dilakukan. Meskipun saat Idul Fitri tidak akan bepergian, namun tidak ada salahnya untuk tetap membeli baju baru yang akan dikenakan nanti. Kegiatan ini agar tetap membuat anggota keluarga tetap merasakan suasana Idul Fitri yang kental.

pexels-edward-jenner-4031710.jpgPhoto Cred: pexels.com

Membuat Pertemuan Secara Online dengan Sanak Saudara

Kemajuan teknologi yang mendukung untuk tetap dapat saling bertemu sapa secara online dapat menjadi hal baru yang dicoba. Meskipun jaraknya jauh, namun komunikasi tetap dapat dilakukan secara baik. Terutama juga saat Idul Fitri tiba.

pexels-vie-studio-7421198.jpgPhoto Cred: pexels.com

Membayarkan Kewajiban untuk Melakukan Zakat

Pandemi atau tidak, membayarkan zakat bagi pihak yang mampu tetap harus dilakukan. Zakat ini dapat menjadi bentuk rasa syukur atas berbagai macam nikmat yang didapatkan. Zakat ini dapat menjadi simbol untuk saling berbagi kebahagiaan dengan orang lain, terutama dengan orang yang kurang mampu.


Bagikan cerita ini

Ingin memiliki undangan pernikahan digital?

.wedew.id